Pemkot Madiun Bikin Majelis Taklim Khusus Janda, Ini Tujuannya

Maidi menuturkan saat ini ada sekitar 20.000 janda maupun duda yang ada di Kota Madiun.
Pemkot Madiun Bikin Majelis Taklim Khusus Janda, Ini Tujuannya
SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun, Jawa Timur, Maidi meresmikan majelis taklim khusus janda muslimah di wilayahnya, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur membentuk majelis taklim yang khusus diperuntukkan bagi janda muslimah. Diharapkan majelis taklim ini bisa menjadi tempat saling menguatkan para perempuan yang kini hidup tanpa suami.

Majelis taklim bagi janda yang diberi nama Khoirun Nisa ini diresmikan Wali Kota Madiun, Maidi, di rumah dinasnya, Jumat (26/11/2021).

Maidi menuturkan saat ini ada sekitar 20.000 janda maupun duda yang ada di Kota Madiun. Untuk sementara, anggota majelis taklim ini masih dalam pendataan.

“Nanti pengurus akan menginventarisasi janda-janda yang ada di setiap kelurahan,” kata Maidi.

Baca Juga: Disebut Sombong, Peraih Medali PON Papua Ingin Tinggalkan Kota Madiun 

Wali kota menuturkan pembentukan majelis taklim khusus bagi janda ini diharapkan sebagai tempat saling menguatkan.

Nantinya akan banyak kegiatan yang bersifat keagamaan, terlebih majelis ini dibimbing Majelis Ulama Indonesia (MUI) Madiun. Pemerintah melalui Baznas juga memiliki banyak program terkait itu.

“Tidak semua janda bahagia. Bayangkan, mereka yang sudah ditinggal suami ini harus apa-apa sendiri. Mungkin sesekali bisa berbagi dengan keluarga, tetapi keluarga juga kadang punya masalah. Makanya dengan adanya ikatan ini, mereka bisa saling berbagi dengan yang senasib,” jelasnya.

Maidi menyampaikan ruang ini juga bisa menjadi tempat berkegiatan para janda yang sudah lanjut usia. Sehingga mereka bisa terus aktif berkegiatan positif.

“Bukan hanya dari pemerintah, tetapi janda yang mungkin kaya bisa saling membantu yang kurang mampu. Jadi ikatan akan semakin kuat karea berlatar belakang nasib yang sama” ujarnya.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago