[ X ] CLOSE

Pemkot Madiun Akan Bagikan 20.000 Bibit Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya?

Pemkot Madiun akan membagikan 20.000 bibit tanaman obat kunyit hitam untuk ditanam warga di pekarangan rumah masing-masing karena berkhasiat dan bernilai ekonomi tinggi.
Pemkot Madiun Akan Bagikan 20.000 Bibit Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya?
SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun Maidi menyediakan ribuan bibit kunyit hitam untuk dibudidayakan di Edupark Ngrowo Bening, Rabu (24/11/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun akan menyiapkan ribuan bibit tanaman obat kunyit hitam untuk ditanam warga di pekarangan rumah masing-masing.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengajak masyarakat menanam kunyit hitam di pekarangan. Selain memiliki banyak manfaat, kata dia, kunyit hitam juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Tanaman itu juga mudah ditanam dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Baca Juga : Empon-Empon Madiun Mendunia, Sebulan Raup Rp500 Juta

“Ibu-ibu berdaya dengan menanam kunyit hitam. Saat ini ada 5.000 bibit yang akan dibudidayakan di Ngrowo. Kalau sudah banyak akan dibagikan kepada PKK di tingkat kelurahan,” kata Maidi saat pencanangan pembudidayaan kunyit hitam di Edupark Ngrowo Bening, Rabu (24/11/2021).

Beberapa manfaat kunyit hitam ini, seperti menyembuhkan nyeri perut, menambah nafsu makan, menambah stamina, dan bisa menjadi obat batuk. Pemkot berencana membagikan sekitar 20.000 bibit kunyit hitam kepada masyarakat dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga : PTM 100 Persen di Wonogiri Ditunda

Bibit tersebut akan disalurkan melalui PKK di tingkat kelurahan. Untuk hasil panen, Maidi menyampaikan sudah ada perusahaan yang siap menampung sehingga masyarakat tidak perlu bingung menjual hasil panen.

“Kalau pemasarannya belum jelas, tentu saya tidak berani. Tidak usah khawatir, kalau memang waktunya panen, sudah ada yang siap mengambil,” kata wali kota.

Baca Juga : Parah! Ratusan Penutup Drainase di Purwodadi Hilang, Diduga Dicuri

Wali Kota Madiun menemukan cara memanfaatkan lahan pekarangan sehingga bernilai ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago