SOLOPOS.COM - Museum Bahari Kota Jogja. (liputan6.com)

Solopos.com, JOGJA -- Pemkot Jogja melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menutup objek wisata di zona merah dan oranye guna mencegah penyebaran Covid-19. Sejauh ini ada dua objek wisata yang ditutup oleh pemerintah kelurahan di zona merah.

Kepala Dispar Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, mengatakan dua tempat wisata yang ditutup itu yakni Museum Bahari dan Museum Amri Yahya. "Sudah dikoordinasikan dengan Kemantren dan infonya sudah tutup lama sejak pandemi," jelas dia, Minggu (23/5/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penutupan tempat wisata itu mengikuti arahan Pemda DIY yang juga mengacu peraturan Mendagri soal penutupan tempat wisata di masa pandemi.

Wahyu menyebut dua objek wisata itu berada di Kemantren Wirobrajan yang berstatus zona merah.

Sementara itu, objek wisata populer di Jogja yakni Gembira Loka Zoo atau Kebun Binatang Gembira Loka, masih tetap beroperasi. "Sejauh ini kami masih akan buka pelayanan. Kami belum dapat tembusan mengenai penutupan obyek wisata dari gugus tugas/pemkot di wilayah Gembira Loka Zoo," kata Manajer Pemasaran Gembira Loka Zoo, Yosi Hermawan.

Meskipun demikian, dalam operasional layanan pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Semisal kapasitas kunjungan dibatasi sampai 50% dengan mengacu pada tiga hal yakni kapasitas parkir, penjualan tiket, serta antrean pengunjung di tiap wahana.

"Dan untuk angka yang kami terapkan untuk pembatasan adalah 2.500 pengunjung dalam satu waktu. Prokes sendiri menjadi poin utama yang kami perhatikan, termasuk GL Zoo sampai saat ini belum menerima rombongan," pungkasnya.

Baca Juga: Gelar PTM Setelah Lebaran, Sekolah di Jogja Bakal Screening Murid Secara Daring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya