SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lowongan CPNS (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 dengan total 930 formasi.

Menurut Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Jogja, Indah Setiawati, sebanyak 546 untuk formasi CPNS dan 384 formasi untuk PPPK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Formasi tersebut megalami kenaikan dari tahun sebelumnya pada 2019. Kenaikan sebanyak 216 formasi,” kata Indah kepada media secara daring dari Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Pemprov Jateng Ajukan 525 Kuota untuk Penerimaan CPNS 2022

Ekspedisi Mudik 2024

Pendaftaran CPNS dan PPPK Joga berlangsung dari 30 Juni sampai 21 Juli 2021. Adapun seluruh rangkaian pendaftaran berlangsung secara daring. Pendaftar bisa mengakses SSCASN untuk membuat akun serta mengunggah persyaratan.

Sementara untuk tes tetap dilaksanakan secara luring dengan pembatasan peserta setiap harinya. “Pendaftaran full online, pada saat pelaksanaan tes sementara ini masih dihadirkan. Namun apabila kondisi normal dari sehari ada lima sesi tes atau sekitar 450 peserta. Untuk kondisi pandemi ini maksimal hanya tiga sesi. Peserta dibatasi 200 peserta. Prosesnya panjang tapi menerapkan protokol kesehatan,” kata Indah.

Peserta hanya bisa memilih salah satu formasi saja, CPNS atau PPPK di Pemkot Jogja. Tidak bisa kedua-keduanya. Menurut Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKPSDM Kota Jogja, Gunawan Adhi Putra, pendaftar juga hanya dapat memilih satu instansi dan satu jabatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Fraksi PKS Tak Ikut Bimtek DPRD Bantul di Salatiga

CPNS Jogja Tanpa Biaya

Selain itu apabila peserta memilih lebih dari satu serta menggunakan dua identitas kependudukan yang berbeda, maka dia akan gugur atau mendapatkan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Gunawan mengingatkan apabila serangkaian proses ini tidak memungut biaya dari para peserta. “Tidak dipungut biaya. Apabila ada yang meminta [biaya] dengan motif apapun, maka itu penipuan,” kata Gunawan.

Formasi untuk CPNS dan PPPK tahun ini sebanyak 930 orang merupakan jumlah yang disetujui pemerintah pusat dari sekitar 2.000 formasi yang diajukan Pemkot Jogja.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya