Pemkab Wonogiri Targetkan BLT Mei Disalurkan Sebelum Lebaran
Solopos.com|soloraya

Pemkab Wonogiri Targetkan BLT Mei Disalurkan Sebelum Lebaran

Seluruh desa di Wonogiri didorong bisa menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT Mei sebelum Lebaran bulan depan.

Solopos.com, WONOGIRI—Seluruh desa di Wonogiri didorong bisa menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT Mei sebelum Lebaran. Ini dinilai memungkinkan dilakukan karena penyaluran BLT April sudah selesai dilaksanakan. Alhasil, desa bisa segera mengurus pencairan BLT Mei.

Tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa atau P3MD Wonogiri, Satya Graha, kepada Solopos.com, Sabtu (17/4/2021), menyampaikan 251 desa di Wonogiri sudah menyelesaikan penyaluran BLT April.

Bantuan sosial yang bersumber dari dana desa jatah April disalurkan kepada 11.369 keluarga penerima manfaat atau KPM dengan alokasi Rp300.000/KPM. Total BLT yang disalurkan senilai Rp3,41 miliar. Bahkan, desa sudah membuat laporan realisasi penyaluran. Laporan itu merupakan salah satu syarat pencairan BLT tahap berikutnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Keluarga Di Jabodetabek Terfavorit

“Desa tinggal menginput data realisasi ke aplikasi untuk dikirim kepada Bupati melalui Dinas PMD [Pemberdayaan Masyarakat dan Desa],” kata Satya saat dihubungi.

Input data realisasi penyaluran di tingkat desa tak membutuhkan waktu lama. Apabila sudah selesai, selanjutnya Dinas PMD mengajukan pencairan BLT Mei kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN. Pengajuan pencairan dengan mekanisme dalam jaringan atau daring tersebut dilaksanakan dalam satu waktu sekaligus atau secara serentak. Itu seperti dilakukan pada pencairan BLT Maret lalu.

“Pengajuan pencairan BLT kepada KPPN kemungkinan bisa dilakukan, Rabu pekan ini. Setelah itu KPPN memproses. Proses di KPPN juga tak lama. Jika tidak ada kendala, BLT Mei berpeluang bisa cair akhir April atau awal Mei. Selanjutnya desa bisa segera menyalurkannya. Harapannya bisa disalurkan sebelum Lebaran yang kemungkinan jatuh pada 13 Mei mendatang. Dengan begitu KPM bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran,” imbuh Satya.

Baca Juga: Wisata Wonogiri Buka Lagi, WGM Belum Tentu Beroperasi Saat Lebaran

Tidak Ada Masalah

Data yang Solopos.com peroleh, jumlah KPM BLT Januari-April menyusut. Ini membuat realisasi BLT juga menyusut. Jumlah penerima BLT Januari tercatat 11.864 KPM. BLT yang disalurkan senilai RWisata Wonogiri Buka Lagi, WGM Belum Tentu Beroperasi Saat Lebaranp3,559 miliar.

Penerima BLT Februari turun 259 KPM menjadi 11.605 KPM. BLT tersalurkan senilai Rp3,481 miliar. Penerima BLT Maret berkurang 74 KPM menjadi 11.531 KPM. BLT tersalurkan senilai Rp3,459 miliar.

Penerima BLT April berkurang 162 KPM menjadi 11.369 KPM. BLT tersalurkan senilai Rp3,41 miliar. Penerima BLT Januari-April menyusut 495 KPM.

Baca Juga: Wonogiri Rekrut Perangkat Desa, Kemampuan Anggaran Jadi Kunci

Kepala Dinas PMD Wonogiri, Antonius Purnama Adi, mengatakan pencairan dan penyaluran BLT di Wonogiri hingga saat ini tidak ada masalah. Dia meyakini kondisi tersebut bakal bisa bertahap hingga Desember, karena desa-desa di Wonogiri tertib.

Kebijakan pemberian batas waktu penyaluran dan pengajuan laporan realisasi penyaluran dilaksanakan dengan baik. Sebelumnya, Dinas PMD memberi batas waktu penyaluran maksimal tanggal 25 setiap bulan. Selanjutnya desa harus mengirim laporan realisasi penyaluran maksimal tanggal 5 pada bulan berikutnya. Kebijakan itu berlaku hingga Desember mendatang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago