SOLOPOS.COM - Ilustrasi jembatan. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo akan bangun tiga jembatan pada tahun ini. Rehab tiga jembatan tersebut menelan anggaran hingga Rp18 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan tiga jembatan itu, dua ada di Kecamatan Polokarto dan satu di Tawangsari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jembatan ini merupakan penghubung antardesa dan anggaran rehabnya dari Pemkab mencapai Rp18 miliar. "Kami akan mempersiapkan proses lelang untuk pembangunan tiga jembatan pada tahun ini. Mudah-mudahan lelang bisa segera dilakukan secepatnya sehingga proyek fisik langsung dikerjakan," kata Bowo saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Jumat (31/1/2021).

Baca Juga: Diduga Ngantuk Saat Kendarai Motor, Pelajar Ponorogo Kecelakaan dan Jatuh Ke Sungai

Bowo mengatakan proyek bangun tiga jembatan yang dua di antaranya berada di Polokarto dan satu di Tawangsari, Sukoharjo, ini sempat tertunda pada tahun lalu.

Masing-masing yakni Jembatan Dukuh dan Jembatan Sangsan di Polokarto. Kemudian Jembatan Tambakboyo di Kecamatan Tawangsari. Sebelumnya anggaran rehab ketiga jembatan ini direalokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19 sehingga tak bisa dikerjakan tahun lalu.

Namun tahun ini Pemkab kembali mengalokasikan anggaran rehab tiga jembatan itu. "Jembatan ini sangat dibutuhkan warga sebagai akses penghubung antardesa sekaligus mempercepat laju pertumbungan ekonomi pedesaan," katanya.

Baca Juga: Mobil Berisi Satu Keluarga Asal Solo Terjun Ke Kebun Di Tawangmangu Karanganyar

Bowo mengatakan Pemkab Sukoharjo memprioritaskan bangun tiga jembatan itu karena merupakan akses utama bagi warga yang menghubungkan dusun satu dengan lainnya.

Selama ini warga harus memutur hingga belasan kilometer untuk melintasi antardusun tersebut karena terhalang sungai.  Bowo berharap dengan dibangunnya jembatan tersebut bisa membuka akses dan meningkatkan perekonomian warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya