SOLOPOS.COM - Kabag Kesra Setda Sragen, Heru Susanto. (Youtube)

Solopos.com, SRAGEN — Pemkab Sragen kini memiliki online yang bisa mengawasi bantuan untuk tempat ibadah seperti masjid, gereja, pura dan wihara. Begitu pula dengan bantuan untuk para ustaz-ustazah di Sragen. Aplikasi itu bernama Sinapati Plus yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Manajemen Prasarana Tempat Ibadah Plus.

Aplikasi ini merupakan inovasi Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Kesra Setda) Sragen. Tujuan dari aplikasi ini adalah sebagai sarana mengawasi dan evaluasi agar bantuan tepat sasaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabag Kesra, Heru Susanto, mengatakan aplikasi itu masih dalam taraf pengembangan dan penyempurnaan. Dengan aplikasi itu, Bagian Kesra memiliki data masjid dan  tempat ibadah yang sudah mendapatkan bantuan Pemkab Sragen secara akurat.

“Selain itu, kami juga memiliki data ustaz dan ustazah di Sragen. Nama ustaz atau ustazah itu dimasukkan dalam sistem aplikasi itu pada Rabu (7/12/2022) lalu, sekaligus sebagai sarana sosialisasi Sinapati Plus,” ujarnya saat dihubungi Espos, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Asyik, 208 Kepala Desa & Lurah di Sragen Dapat Motor Dinas Yamaha N-Max Merah

Pegawai Bagian Kesra, Wahyudi, menambahkan Sinapati Plus juga berfungsi sebagai penghimpun database tempat ibadah se-Kabupaten Sragen. Dia menyebut jumlah masjid di Sragen mencapai 1.587 unit yang menyebar di 20 kecamatan.

“Dana bantuan tempat ibadah itu mencapai miliaran rupiah. Dulu pengawasan dan monitoringnya dilakukan secara manual dengan data. Dengan aplikasi Sinapati Plus, penerima bantuan itu bisa dipantau langsung lewat aplikasi,” jelasnya.

Wahyudi menyebut nilai bantuan untuk tempat ibadah totalnya rata-rata Rp7,958 miliar per tahun. Dana hibah itu digunakan untuk membantu pembangunan sarana tempat ibadah. “Bantuan hibah itu satu lokasi bisa sampai Rp200 juta,” kata Wahyudi

Berikut data ustaz-ustazah dan tempat ibadah yang ada dalam aplikasi Sinapati Plus.

Baca Juga: Salurkan Hibah Rp2,5 Miliar, Bupati Karanganyar: Aja Dinggo Tuku Motor

Data Jumalh Ustaz-Ustazah di Sragen

  1. Ustaz-ustazah Lembaga Pendidikan Quran : 4.044 orang
  2. Ustaz-ustazah Pondok Pesantren : 1.007 orang
  3. Ustaz-ustazah Madrasah Diniyah : 2.034 orang

Total : 7.085 orang

Jumlah Tempat Ibadah di Sragen

  1. Jumlah masjid : 1.587 lokasi
  2. Jumlah gereja : 26 lokasi
  3. Jumlah pura : 5 lokasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya