SOLOPOS.COM - Petugas jaga menutup pintu palang perlintasan kereta api (KA) di Dusun Bedowo, Desa Jetak, Sidoharjo, Sragen, Selasa (26/10/2021), (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menyatakan tidak angkat tangan dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas di perlintasan KA di Dukuh Bedowo, Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Pemkab justru berkomitmen mengalokasikan anggaran pada APBD 2022 untuk operasional penjaga pintu palang kereta api (KA) di perlintasan sebidang tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Catur Sarjanto, kepada Solopos.com, Rabu (27/10/2021). Dia menerangkan Bupati sudah mengundang warga, pemerintah desa terkait, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dan stakeholders lainnya untuk mencari solusi atas perlintasan sebidang tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pemkab berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran untuk operasional penjaga di perlintasan KA itu pada 2022. Kami juga berkomitmen pada 2022 itu akan dipasang pintu palang semi-elektronik. Pada 2021, Pemkab tidak memungkinkan mengalokasikan anggaran karena waktunya tidak memungkinkan. Solusinya dengan iuran sukarela warga karena tahun 2021 tidak memungkinkan dianggarkan,” ujar Catur.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Suka Duka Penjaga Perlintasan KA Bedowo, Harus Siaga Demi Kemanusiaan

Kebijakan anggaran 2021 tidak memungkinkan karena APBD Perubahan 2021 sudah ditetapkan. Catur menerangkan di 2022 Dishub sudah mengusulkan anggaran yang sekarang masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran, Plafon, Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2022.

“Usulan anggaran itu salah satunya untuk honor penjaga perlintasan KA Bedowo itu. Nilai anggarannya berapa nanti menunggu persetujuan dalam KUA PPAS. Kebutuhan sumber daya manusianya mungkin tidak banyak karena pintu palangnya sudah elektronik. Kebutuhan tenaganya tergantung kebijakan Ibu Bupati,” katanya.

Kepala Desa Jetak, Sidoharjo, Sragen, Siswanto, juga mengamini keputusan Pemkab Sragen. Dia mengatakan berhubung belum dianggarkan pada APBD 2021 maka anggaran untuk operasional perlintasan KA Bedowo itu akan dianggarkan di 2022.

Baca Juga: Bersumber dari Iuran Warga, Segini Gaji Penjaga Perlintasan KA Bedowo

Hal senada juga disampaikan Camat Sidoharjo Sragen, Agus T.P, bahwa Pemkab Sragen turun tangan menyelesaikan persoalan perlintasan KA Bedowo supaya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya