SOLOPOS.COM - Plt. Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Nurdin, menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekda Pemkab Ponorogo, Agus Pramono, di Surabaya, Senin (20/1/2020). (ponorogo.go.id)

Solopos.com, PONOROGO -- Pemerintah Kabupaten Ponorogo kembali meraih penghargaan terkait tata kelola pemerintahan yang baik. Kali ini penghargaan diberikan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur dalam kategori Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3.

Mengutip ponorogo.go.id, Bupati Ponorogo diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Nurdin, di Gedung Negara Grahadi, Senin (20/1/2020). Penghargaan ini menunjukkan pengendalian intern Pemkab Ponorogo telah berjalan dan terdokumentasi dengan baik.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya mengatakan pencapaian Level 3 untuk penilaian SPIP ini termasuk dalam kategori ‘Terdefinisi’ yang artinya telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik. Namun evaluasi atas pengendalian intern dilakukan tanpa dokumentasi yang memadai.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pengukuran tingkat maturasi penyelenggaraan SPIP ini bukan sekedar pencapaian target kinerja, tetapi lebih pada mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih dan akuntabel” tambahnya.

Pedoman ini memberikan panduan untuk memperbaiki penyelenggaraan SPIP, memuat langka-langkah minimal yang harus dilakukan. Perlu digaris bawahi bahwa setiap organisasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga mungkin diperlukan cara-cara atau strategi lain yang berbeda untuk mencapai penyelenggaraan SPIP yang optimum.

Sebelum ini, tepatnya pada November 2019, Pemkab Ponorogo meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI  dan  Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya