Pemkab Pati Jadikan Hotel untuk Isolasi OTG Covid-19, Ganjar: Daerah Lain Harus Tiru
Solopos.com|jateng

Pemkab Pati Jadikan Hotel untuk Isolasi OTG Covid-19, Ganjar: Daerah Lain Harus Tiru

Langkah Bupati Pati yang menjadikan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 diapresiasi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Solopos.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menjadikan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 yang berstatus OTG atau orang tanpa gejala. Salah satu hotel yang dijadikan tempat isolasi itu adalah Hotel Kencana di Jalan R.A. Kartini No.8.

Bupati Pati, Haryanto, mengatakan ada 94 kamar di hotel itu dengan daya tampung mencapai lebih dari 100 pasien Covid-19 yang dijadikan ruang isolasi. “Ini tempat isolasi terpusat kedua kami untuk yang OTG. Kami ada beberapa tempat isolasi terpusat seperti Diklat KB dan lainnya. Selain itu, kami juga punya isolasi mandiri di tingkat RT/RW,” ujar
Haryanto saat menerima kunjungan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (15/6/2021).

Haryanto mengatakan tujuan menjadikan hotel sebagai tempat isolasi salah satunya untuk memberikan kenyamanan pada pasien Covid-19. Sebab jika orang sakit dan ditempatkan di tempat yang tidak nyaman, maka tidak sembuh-sembuh.

"Ini kami sewa sejak dulu, tapi karena sempat mereda, kami hentikan sewanya. Sekarang kami sewa lagi. Dengan adanya tempat isolasi terpusat ini, BOR [bed occupancy rate] kami di rumah sakit jadi terbantu," jelasnya.

Baca Juga: Ketersediaan Bed Isolasi & ICU di 17 Daerah di Jateng Mengkhawatirkan

Konversi ICU

Gubernur Ganjar pun mengapresiasi langkah Pemkab Pati itu. Menurutnya, kondisi BOR di Pati agak longgar karena penanganan yang baik. "Tadi di RSUD Soewondo ada gedung lama dijadikan tempat isolasi, di sini ada juga. Untuk ICU memang penuh, tapi saya sudah minta ada konversi ICU umum untuk Covid-19 dan mereka siap," katanya.

Inisiatif Bupati Pati menyewa hotel untuk tempat isolasi terpusat lanjut Ganjar juga sangat bagus. Dengan cara itu, maka penanganan di rumah sakit bisa lebih baik.

"Saya lihat pasiennya juga senang, mereka bisa dirawat di sini, aman dan tempatnya bagus. Menurut saya ini penanganan yang oke, dan kalau daerah lain bisa meniru, ini lebih baik," imbuhnya.

Ganjar pun sempat berdialog dengan para pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di Hotel Kencana. Total ada 45 orang pasien berstatus OTG yang menjalani isolasi terpusat di hotel tersebut.

Baca Juga: Pemkab Pati Gerak Cepat Turunkan Kasus Covid-19

Kepada Ganjar, mereka mengaku nyaman menjalani isolasi di hotel tersebut. Selain pelayanan bagus, makanan yang disajikan pun cukup menggugah selera.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago