SOLOPOS.COM - Salah satu ruas jalan menuju Bromo di Kec. Tosari, Kab. Pasuruan, yang tengah diperbaiki. (Istimewa)

Solopos.com, PASURUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggunakan Rp59 miliar untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan menuju destinasi wisata bertaraf internasional Gunung Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Proses perbaikan jalan dikerjakan secara bertahap.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus Wicaksono, mengatakan Pemkab Pasuruan mendapatkan alokasi dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga : Gubernur Khofifah: Mangrove Upaya Mitigasi Sekaligus Wisata Edukasi

PHJD di Kabupaten Pasuruan sudah berjalan selama tiga tahun berturut-turut. Dimulai 2019, Pemkab Pasuruan memperoleh bantuan dana hibah dari Australia Rp22 miliar. Anggaran tersebut untuk penanganan beberapa ruas jalan menuju Gunung Bromo, salah satunya, Tutur–Ngadirejo.

Pada 2020, bantuan Rp21 miliar untuk melanjutkan jalur sebelumnya, yakni dari Ngadiwono menuju Tosari. Pada 2021, bantuan PHJD masuk tahap terakhir untuk kawasan tersebut dengan nilai Rp16 miliar. Sasaran perbaikan Jalan Tosari menuju lautan pasir Gunung Bromo.

Eko menyampaikan proyek perbaikan jalan tahap terakhir akan selesai pada awal November. Harapannya pengunjung kawasan wisata Gunung Bromo-Tengger akan semakin mudah menuju lokasi. “Perbaikan jalan akses menuju destinasi turisme berkelas internasional itu didanai APBN melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) 2021,” katanya, Minggu (31/10/2021).

Baca Juga : 1 November, Makam Gus Dur di Tebuireng Jombang Kembali Dibuka

Ruas jalan yang diperbaiki meliputi Jalan Dingklik-Penanjakan, Dingklik-Lautan Pasir, Jalan Wonokitri-Sedaeng, Jalan Lingkar Pasar Wonokitri-Pendopo Agung, Jalan Tosari-Podokoyo, Jalan Wonokitri-Podokoyo, Jalan Wonomerto-Ngadiwono, Jalan Ngadirejo-Podokoyo, dan Jalan Tosari-Wonokitri.

Muaranya, lanjut dia, mendukung pariwisata Bromo sebagai bagian dari destinasi andalan nasional. “Anggaran ini untuk mendukung pariwisata Bromo sebagai destinasi andalan nasional,” ucapnya.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Ingin Soegondo Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Eko menerangkan perbaikan jalan akses wisata Gunung Bromo bukanlah pekerjaan mudah. Selain medan curam, angkutan material bangunan juga sulit, dan beresiko tinggi. ”Tapi alhamdulillah, semuanya bisa diatasi. Buktinya, pekerjaan sudah hampir selesai sebelum berakhirnya jadwal perbaikan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya