Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pemkab Kudus Klaim Jalan Rusak Tak Sampai 63 Km

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Kabupaten Kudus menyebutkan jalan rusak di wilayahnya tak mencapai 10 persen dari total panjang 639,262 km.
SHARE
Pemkab Kudus Klaim Jalan Rusak Tak Sampai 63 Km
SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan rusak di Kudus. (Solopos.com-Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim panjang jalan rusak di wilayahnya saat ini tidak terlalu banyak. Dinas PUPR Kudus bahkan menyebut jika tingkat kerusakan jalan di wilayahnya tidak mencapai 10% dari total panjang jalan yakni 639,262 kilometer (km), atau sekitar 63 km.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kudus, Arif Budi Siswanto, Selasa (5/7/2022). Kendati demikian, Arif mengaku pihaknya akan tetap melakukan perbaikan infrastruktur jalan di Kudus hingga seluruhnya baik atau tidak ada kerusakan. Bahkan, Pemkab Kudus telah menyiapkan anggaran pada tahun 2022 ini mencapai Rp10 miliar untuk perbaikan jalan rusak itu.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Anggaran sebesar itu, bersumber dari APBD Kudus yang nantinya digunakan untuk perbaikan rutin,” kata Arif.

Ia mengungkapkan mayoritas jalan kabupaten di Kudus memang dalam kondisi baik, karena tingkat kerusakan jalan tidak ada 10 persen dari total panjang jalan 639,262 kilometer.

Meskipun demikian, kata dia, anggaran yang tersedia memang belum bisa memperbaiki semua jalan di Kabupaten Kudus yang rusak, sehingga harus menunggu penganggaran pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Kerap Rusak, Ruas Jalan Solo-Purwodadi Bakal Dipasang Beton

Perbaikan jalannya, imbuh dia, saat ini sudah mulai dikerjakan karena kerusakannya tersebar di sejumlah ruas jalan yang merupakan perbaikan rutin.

Dari anggaran sebesar Rp10 miliar, dibagi untuk Bidang Bina Marga Rp7 miliar, selebihnya untuk tata bangunan dan drainase.

Ia mengakui anggaran tahun ini jauh lebih rendah dibandingkan anggaran tahun sebelumnya yang mencapai Rp50-an miliar lebih.

Baca juga: Jembatan Mojo Solo Diperbaiki, Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan

“Sementara usulan kami pada APBD 2022 sebesar Rp100 miliar. Kami berharap masyarakat bersabar jika nantinya masih ditemukan jalan rusak dan belum ada perbaikan, tentunya menunggu ketersediaan anggaran,” ujar Kepala Dinas PUPR Kudus itu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode