SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) (Detik.com)

Solopos.com, KLATEN -- Pemkab Klaten mendapatkan kuota rekrutmen CPNS 2021 sebanyak 154 lowongan. Sementara untuk rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 2.572 lowongan.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Slamet, mengatakan formasi untuk CPNS sebanyak 154 lowongan didominasi tenaga kesehatan yakni 117 lowongan. Kemudian tenaga teknis lainnya 37 lowongan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: 3 ASN dan 1 Pendamping PKH Positif Covid-19, Kantor Kecamatan Gantiwarno Klaten Lockdown

Sementara, formasi untuk PPPK sebanyak 2.572 lowongan. Tenaga PPPK itu terdiri atas macam-macam bidang dengan syarat yang bisa mendaftar adalah tenaga honorer.

Kemudian tenaga yang sudah bersertifikat seperti tenaga yang belum masuk wiyata bakti tetapi setelah lulus perguruan tinggi ikut program seperti PPG.

Baca Juga: Kasus Corona Belum Surut, RSD Bagas Waras Klaten Siagakan 58 Tempat Tidur Pasien Covid-19

"Kemudian WB sekolah swasta juga dapat kesempatan untuk ikut mendaftar,” kata Slamet, Minggu (30/5/2021).

Soal jadwal pendaftaran, Slamet menjelaskan Pemkab masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat. Ia mengatakan Pemkab Klaten sudah menyiapkan segala keperluan untuk rekrutmen CPNS dan PPPK sesuai kuota tahun ini.

Baca Juga: Diperketat, Begini Aturan Dan Model Pengawasan Acara Hajatan di Klaten

“Yang jelas sesuai rapat virtual kami sudah siapkan. Rencana tetap menunggu dari Panselnas [panitia seleksi nasional]. Nanti kalau sudah ada kejelasan, kami akan unggah melalui website kabupaten, BKPPD, atau bisa diunduh melalui website CASN,” kata Slamet.

Slamet mengatakan sebelumnya Pemkab mengusulkan rekrutmen PPPK sebanyak 2.700-an lowongan. Sementara, usulan CPNS sesuai jumlah PNS yang pensiun tahun ini. “Per tahun itu yang pensiun rata-rata 600-700 orang,” tuturnya.

Baca Juga: Perselisihan Kades Vs Pamong Desa Soka Klaten: Tagihan Listrik Diduga Jadi Pemicu

Mengenai jumlah PNS Pemkab Klaten, Slamet mengatakan per 1 Mei 2021 ada sekitar 9.450 orang. Sementara jumlah ideal pegawai Pemkab harusnya mencapai belasan ribu orang.

“Idealnya masih kurang banyak. Makanya ada permintaan yang dicukupi dari PPPK ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya