SOLOPOS.COM - Aneka pemandangan Taman Hutan Rakyat (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunergoro I yang terletak di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar . Foto diambil belum lama ini. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Upaya pengalihan pengelolaan Taman Hutan Rakyat (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar masih berlanjut.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan pihaknya sudah berkirim surat lagi kepada Pemprov Jateng terkait pengelolaan tempat wisata di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya sudah melayangkan surat ke Pak Gubernur [Ganjar Pranowo], intinya sesuai regulasi mestinya Tahura ini sudah dikelola Karanganyar. Ya intinya kami mengingatkan lagi supaya Tahura ini segera diserahkan kepada Karanganyar,” ujarnya, Senin (24/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ciamik! Tahura Karanganyar Bakal Digarap Jadi Wisata Edukasi dan Konservasi

Menurutnya, sebagai salah satu tempat wisata ikonik, Tahura punya arti penting bagi Karanganyar. Terlebih Karanganyar yang dikenal sebagai kawasan wisata justru tidak memiliki aset yang dikelola Pemkab.

“Mestinya sudah dua tahun lalu Tahura diserahkan kepada Karanganyar. Kita dikenal sebagai daerah wisata tapi tak punya aset yang dikelola sendiri. Padahal Tahura ini bisa jadi ikon,” imbuh dia.

Menurutnya, penyerahan pengelolaan Tahura dari Pemprov Jateng kepada Pemkab adalah hal wajar. Hal ini mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Sementara itu, dalam pengelolaan Tahura ini bisa diintegrasikan dengan tempat wisata lain di sekitarnya, yakni Candi Sukuh bahkan Tawangmangu.

Baca Juga: Karanganyar Tagih Janji Pemprov Jateng soal Tahura dan Kebun Benih

Pihaknya tetap berharap Pemprov Jateng segera merealisasikan permohonan Karanganyar tersebut. “Ya semoga kali ini Tahura bisa segera dialihkan ke Karanganyar,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya