top ear
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan bantuan berupa hibah ternak tahap satu kepada 177 peternak di Kabupaten Karanganyar pada Selasa (1/12/2020). (Istimewa/Dokumentasi Diskominfo Karanganyar)
  • SOLOPOS.COM
    Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan bantuan berupa hibah ternak tahap satu kepada 177 peternak di Kabupaten Karanganyar pada Selasa (1/12/2020). (Istimewa/Dokumentasi Diskominfo Karanganyar)

Pemkab Karanganyar Salurkan Hibah Peternak Rp13,9 Miliar, Bupati Ingatkan Jangan Disalahgunakan

Pemkab Karanganyar mengingatkan penerima bantuan selalu diawasi oleh Inspektorat dan Polres Karanganyar.
Diterbitkan Rabu, 2/12/2020 - 13:32 WIB
oleh Solopos.com/Sri Sumi Handayani
2 menit baca

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemkab Karanganyar menyalurkan bantuan hibah senilai Rp13,9 miliar kepada 177 kelompok peternak. Bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak dan meningkatkan kesejahteraan para peternak.

Di sisi lain, Pemkab mengingatkan para peternak untuk menggunakan bantuan itu sesuai peruntukan karena diawasi oleh Inspektorat dan kepolisian.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengingatkan peternak agar tidak main-main dalam menggunakan dana bantuan. "Inspektur dan Kasat Reskrim ini akan mengawasi bantuan yang diberikan pemerintah. Diplayokke nang ngendi atau bantuan hewan tiba-tiba mati. Ngati-ati ana Kasat Reskrim. Terima kasih, semua proses hibah sudah dilakukan sesuai prosedur. Sudah monitoring, checking tenan ana wonge, ana kelompoke, ana kandange apa ora. Aja sampai eneng masalah. Contohe ning perumahan kok ana kandang, ana kelompok ternak sapi. Kan lucu," ujar Bupati saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan, Senin (1/12/2020).

Polres Karanganyar Minta Siskamling Kembali Digalakkan Untuk Tekan Penyebaran Covid-19

Yuli, sapaan akrabnya, berharap masyarakat tetap produktif meski di rumah saja. Pada akhir sambutan, dia mengingatkan agar bantuan ternak dari pemerintah dapat dirawat sebaik-baiknya.

Bantuan sebanyak itu disalurkan dalam dua tahap. Bantuan tahap pertama senilai Rp5,9 miliar sudah disalurkan pada Selasa (1/12/2020). Sisanya Rp8 miliar akan disalurkan pertengahan Desember ini.

"Bantuan digunakan untuk budi daya. Kelompok yang mendapat bantuan itu kelompok ternak sapi, kambing, domba, itik, ayam, ikan, dan burung. Mudah-mudahan dengan bantuan itu bisa meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Karanganyar. Selain itu bisa meningkatkan kesejahteraan peternak," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Kabupaten Karanganyar, Siti Maisyaroch, saat memberikan sambutan di hadapan penerima bantuan, Senin.

Pikap Nyemplung Jurang di Tawangmangu, Sopirnya Malah Ngacir

Sesuai RAB

Pemkab menyalurkan bantuan itu di Aula Bank Jateng Cabang Karanganyar. Siti juga mengingatkan peternak memanfaatkan bantuan sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Siti juga menyinggung tentang larangan memperjualbelikan ternak bantuan dari pemerintah.

"Bantuan dilaksanakan sesuai RAB. Dibelikan sesuai ketentuan, dirawat yang baik, dan jangan dijual. Ada Pak Kasatreskrim nanti dengan dinas dan Inspektorat akan periksa dan evaluasi bantuan," tutur dia.

Pada kesempatan itu, Inspektur Kabupaten Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat dan Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Tegar Satrio Wicaksono, turut hadir. Mereka menyaksikan penyerahan bantuan secara simbolis.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini