SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMA/SMK. (freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan mengusulkan pembangunan SMA Negeri (SMAN) di wilayah Kecamatan Jaten.

Untuk diketahui hingga saat ini di wilayah Kecamatan Jaten belum memiliki sekolah menengah negeri, baik SMK maupun SMA. Padahal, wilayah tersebut dinilai memiliki potensi lulusan jenjang SMP yang tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN dengan sistem zonasi seperti sekarang ini, para lulusan harus mendaftar ke sekolah di daerah lain.

Pada PPDB 2022 zonasi sekolah untuk lulusan SMP di wilayah Jaten ini adalah SMAN 2 Karanganyar, SMAN Kebakkramat, SMAN Gondangrejo, SMAN Mojogedang, SMAN 1 Solo.

Padahal lulusan ini juga harus bersaing (dari segi jarak rumah) dengan para lulusan di sekitar sekolah tersebut sehingga belum tentu terakomodasi.

Baca juga : Pemkab Karanganyar Usulkan SMA Negeri di Jaten, Begini Alasannya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo mengatakan kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Tasikmadu yang tidak memiliki SMAN.

Berdasarkan kondisi tersebut saat ini pihaknya akan mengusulkan pendirian SMAN, khusus di wilayah Kecamatan Jaten kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Bupati [Bupati Karanganyar Juliyatmono] melihat potensi lulusan di Jaten ini kan tinggi, di Tasikmadu juga. Keduanya selama ini kan larinya ke Kebakkramat atau Karanganyar dan belum tentu juga mereka terakomodasi di sana karena daya tampungnya terbatas. Oleh karena itu, akan diusulkan pendirian SMAN di Jaten ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya, Sabtu (21/8/2022).

Baca juga : Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 21 Agustus 2022, Cocok Untuk Jalan-Jalan

Saat ini, pihaknya tengah mengidentifikasi potensi lulusan SMP di wilayah Kecamatan Jaten, Tasikmadu, Kebakkramat, dan Karanganyar beserta daya tampung SMAN yang sudah saat ini, yakni SMAN Kebakkramat, SMAN 1 Karanganyar, dan SMAN 2 Karanganyar.

“Sekarang kami sedang mengidentifikasi potensi lulusan SMP di Kecamatan Jaten, Tasikmadu, Kebakkramat, dan Karanganyar lima tahun ke depan sebagai dasar pengusulan pendirian SMAN di Jaten ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah mendirikan SMAN baru di Tawangmangu dan diresmikan/dimulai PPDB 2022. Sebelumnya, sebagian lulusan asal Tawangmangu bersekolah di SMAN Karangpandan, SMK, MAN, dan sekolah swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya