SOLOPOS.COM - Sekda Grobogan Moh Sumarsono membagikan bendera Merah Putih mendukung gerakan nasional pembagian 10 juta bendera. (Istimewa-Pemkab Grobogan)

Solopos.com, SOLO — Pemkab Grobogan mendukung gerakan nasional pembagian 10 juta bendera Merah Putih kepada masyarakat dengan mengerahkan OPD, BUMD dan Camat.

“Pembagian bendera Merah Putih gratis kepada masyarakat sudah kita laksanakan, targetnya pekan kedua Agustus 2022, sudah terbagikan,” jelas Sekda Grobogan Moh Sumarsono, Senin (8/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tujuan pembagian bendera Merah Putih ini selain mendukung gerakan nasional, lanjut Sekda, adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

“Karena bendera adalah identitas bangsa, pusaka bangsa. Kita laksanakan juga dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” tambahnya.

Bendera Merah Putih yang dibagikan ke masyarakat tersebut, menurut Sekda Marsono, dihimpun dari partisipasi berbagai pihak.

Baca juga: Motor Tabrak Mobil di Perempatan Timur Setda Grobogan, 2 Luka Parah

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Grobogan Daru Wisakti menjelaskan, gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih dilakukan secara nasional.

Sehingga setiap kota dan kabupaten yang ada di seluruh provinsi di Indonesia harus mendukung gerakan pembagian bendera ini.

“Totalnya untuk Kabupaten Grobogan hanya 20.000 bendera Merah Putih ukuran 60 cm x 90 cm yang dibagikan kepada masyarakat. Memang jumlahnya terbatas,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Daru, dengan kesadaran masyarakat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI, diminta memasang bendera merah putih mulai 1-31 Agustus 2022.

Baca juga: Warga Desa Wadas: 27 Mata Air Bakal Terdampak Tambang Batu Andesit

Tidak hanya pembagian bendera gratis kepada masyarakat, untuk menggugah nasionalisme warga, Kepala Desa Rejosari bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas pantau pemasangan bendera.

Mereka bersama-sama berkeliling desa untuk memantau rumah warga, apakah sudah memasang bendera merah putih di depan rumahnya atau belum.

“Apabila ada rumah warga yang belum memasang bendera, langsung kita bagikan bendera Merah Putih untuk dipasang,” kata Kepala Desa Rejosari, Kecamatan/Kabupaten Grobogan Ali Sadikin kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya