SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Boyolali, Mudzakir, menyerahkan paket sembako kepada penerima lansia dan juga ODKB pada Selasa (5/4/2022) di kantor Dinsos Boyolali. (Istimewa/Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memberikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako untuk orang dengan kecacatan berat (OKDB) dan lanjut usia (lansia) terlantar.

Bantuan tersebut diserahkan di kantor Dinsos Boyolali pada Selasa (5/4/2022). Bantuan sosial tahap pertama senilai Rp400 juta diserahkan dalam bentuk paket sembako. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Boyolali, Mudzakir, saat dihubungi Solopos.com pada Selasa (5/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Ribuan PKL dan Warung di Boyolali Dapat Bantuan Tunai Rp600.000

“Bantuan ada untuk 200 lansia dengan masing-masing mendapatkan paket bantuan senilai Rp1 juta. Kemudian ada 160 ODKB yang mendapat paket bantuan masing-masing senilai Rp1,25 juta. Total ada 360 penerima bantuan senilai Rp400 juta,” jelas Mudzakir.

Paket bantuan sembako yang diberikan kepada ODKB dan lansia terlantar terdiri dari beras, minyak goreng, terigu, gula pasir, susu dalam kemasan, mie instan, biskuit, dan margarin. Lebih lanjut, Mudzakir mengatakan bantuan sosial itu akan diberikan dalam dua tahap. Tahap I dilaksanakan pada April 2022 kemudian tahap II rencananya pada September 2022.

Baca Juga : Menko PMK Cek Penyaluran Bansos di Boyolali, Ini Evaluasinya

“Untuk bansos bagi ODKB hanya sekali ini. Kemudian, untuk lansia dilanjut insyaallah bulan September pada tahap II. Bantuan tersebut diserahkan untuk lansia dan OKDB seluruh kecamatan Boyolali,” kata dia.

Mudzakir mengatakan data lansia di Boyolali sebanyak 1.276 orang dan ODKB 184 orang. Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu masyarakat rentan di Boyolali. “Saya harap bantuan ini dapat membantu kebutuhan pokok masyarakat renta dan meringankan beban warga masyarakat di Boyolali,” harap dia.

Baca Juga : Warga Selodoko Boyolali Isoman Dapat Bantuan dari Pemdes

Sementara itu, salah satu penerima bantuan paket sembako asal Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Widodo, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Dinsos Boyolali. Dalam rilis tertulis yang diterima Solopos.com, ia mengaku bantuan sembako itu dapat meringankan dirinya memenuhi kebutuhan hidup.

“Ini sangat meringankan beban saya sebagai kepala keluarga, terlebih pada bulan Ramadan sekarang. Terima kasih untuk Pemerintah Kabupaten Boyolali atas apa yang diberikan kepada kami. Ini membantu rakyat yang memiliki keluarga disabilitas berat seperti saya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya