Pemkab Blora Jajaki Budi Daya Sorgum untuk Sumber Pangan
Solopos.com|jateng

Pemkab Blora Jajaki Budi Daya Sorgum untuk Sumber Pangan

Pemkab Blora menjajaki kerja sama dengan PT Amari Teguh Wisesa untuk budidaya tanaman Sorgum di Kabupaten Blora.

Solopos.com, BLORA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menjajaki kerja sama dengan PT Amari Teguh Wisesa untuk budidaya tanaman Sorgum di Kabupaten Blora.

Mengutip Blorakab.go.id, Selasa (4/5/2021), kerja sama itu langsung dipimpin Bupati Blora, Arief Rohman, didampingi Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati. Agenda diawali dengan pemaparan dari Direktur Operasional PT Amari Teguh Wisesa, Nanang Basuki.

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan untuk sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. “Karakteristik tanaman ini tahan banting di lingkungan terendam air, kering, atau tanah berbatu. Sorgum juga minim pemupukan dan tahan hama dan penyakit dan seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan,” paparnya.

Baca Juga : Lelaki Asal Blora Ini Terampil Buat Wayang Berbahan Dasar Karpet

Kegunaan Sorgum selain untuk menghasilkan beras sorgum, tepung atau kecap sorghum, nira/gula. Sorgum juga dapat digunakan untuk pakan ternak dengan kandungan gizi yang baik. PT Amari Teguh Wisesa siap untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah Blora.

“Kerja sama ini nantinya berupaya untuk pemberdayaan lahan tandus dan marginal sehingga bernilai ekonomis, pemberdayaan masyarakat utamanya petani. Sorgum juga meningkatkan produktivitas sapi ternak dan pendapatan asli daerah, mendukung program Pemkab Blora dan sebagai salah satu program ketahanan pangan,” terangnya.

Ada dua skema kerja sama yang ditawarkan yakni skema A investasi dan skema B Plasma. "Skema A yakni investasi meliputi persiapan lahan, penyediaan bibit dan pupuk, proses budidaya, produksi dan pengolahan pasca panen. Sedangkan skema sistem Plasma, nantinya lahan milik masyarakat dan PT Amari menyediakan bibit, pupuk dan melakukan pendampingan budidaya, dan membeli hasil panen dari masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga : Lelaki Asal Blora Ini Terampil Buat Wayang Berbahan Dasar Karpet

Bupati Blora menyambut baik adanya tawaran kerja sama budidaya Sorgum di Kabupaten Blora. Terlebih, tanaman Sorgum memiliki banyak manfaat. “Turunannya dari tanaman ini banyak sekali produknya, kami harapkan tanaman ini nanti bisa dibudidayakan dengan baik di Blora,” jelas Bupati Arief.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kab. Blora, Lilik Setyawan mengungkapkan sebelumnya penanaman Sorgum pernah dilakukan di Kabupaten Blora dan dapat tumbuh dengan baik.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago