SOLOPOS.COM - Ibu hamil yang akan menerima suntikan vaksin menerima pengarahan di Puskesmas Bambanglipuro, Bantul, Jumat (13/8/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BANTUL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul resmi memulai vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil. Pada Jumat (13/8), vaksinasi untuk ibu hamil ini dilakukan di Puskesmas Bambanglipuro menggunakan vaksin Sinovac.

Diharapkan dengan dimulainya vaksinasi kepada ibu hamil, tingkat paparan Covid-19 dan angka kematian ibu hamil dan bayi bisa ditekan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Puskesmas Bambanglipuro, Tarsisius Glory, menjelaskan sudah ada SE dari Kementerian Kesehatan yang memberikan lampu hijau untuk vaksinasi ibu hamil. Selain itu ada rekomendasi dari sejumlah pihak jika vaksin untuk ibu hamil aman.

“Selain itu, ibu hamil ini kan punya risiko paling besar terpapar Covid-19. Dengan vaksinasi ini diharapkan mampu melindungi ibu dan sang bayi,” katanya, Jumat (13/8).

Baca Juga: Pemkab Bantul Keluarkan Perbup 62/2021, Layanan Pengisian Oksigen Gratis Kini Diperketat

Tidak semua ibu hamil bisa divaksin Covid-19. Hanya ibu dengan usia kehamilan 11 sampai 33 minggu dan belum pernah terpapar Covid-19 yang bisa divaksin. Ibu hamil yang pernah terpapar Covid-19 masih bisa divaksin tiga bulan setelah dinyatakan sembuh. Ibu hamil yang divaksin juga harus sehat, bukan kontak erat, dan tidak menjalani isolasi mandiri.

“Dan di Bambanglipuro ini ada sekitar 300-an ibu hamil, tapi yang masuk kriteria sekitar 130 ibu hamil. Nanti kami skrining lagi saat akan divaksin,” lanjut Glory.

Dari target sebanyak 70 ibu hamil yang divaksin pada Jumat, Glory menyatakan ada 30 ibu hamil yang sudah divaksin. “Sisanya akan kami lanjutkan besok. Karena kami memang vaksinasi kami gelar hari ini dan besok,” jelas Glory.

Baca Juga: Pemkab Bantul Mulai Data Yatim Piatu Korban Covid-19

6.000 Ibu Hamil

Meski demikian, Glory memastikan vaksinasi ibu hamil akan tetap dilakukan saat memeriksakan kehamilan di puskesmas. Karena akan ada penjaringan terhadap ibu hamil yang belum divaksin.

“Untuk yang telah menerima dosis pertama hari ini, maka dosis kedua akan diberikan empat pekan lagi, karena kami pakai vaksin Sinovac,” ucap Glory.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Bantul Karjiyem mengatakan ada sebanyak 15.000 ibu hamil di Bantul. Dari jumlah tersebut, akan dilakukan vaksinasi secara bertahap.

“Untuk tahap pertama, bulan ini sekitar 6.000 ibu hamil yang akan kami vaksin bulan ini,” ucap Karjiyem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya