SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO–Banyak peminat pusaka tosan aji yang mencari sosok empu yang andal dan mumpuni untuk menciptakan karya baru.

Para peminatnya kerap hadir dari kalangan ekonomi menengah bahkan kelas menengah atas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan Ethnic Indonesia Berbagi (YE-IB) Rivo Cahyono ketika memberikan kuliah umum  kepada mahasiswa program studi Senjata Tradisional Keris Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Sabtu (16/9/2022).

Peminat tosan aji yang ditemui ketika timnya melakukan lelang melalui kanal Youtube Ethnic Indonesia.

“Bahkan ada beberapa audiens Youtube kami yang secara terang-terangan ingin dicarikan empu karena mereka ingin membuat pusaka untuk diri mereka sendiri. Biasanya mereka ingin dibuatkan pusaka sesuai dengan karakter mereka masing-masing, entah itu dari hari lahir wetonnya, atau karakter lainnya,” kata dia melalui keterangan tertulis kepada Solopos.com awal pekan ini.

Rivo menjelaskan stigma mistis tentang keris di mata masyarakat awam masih lebih melekat. Padahal, nilai historis, estetika, dan filosofis yang terkandung dalam sebuah karya seni pusaka bisa melampaui nilai-nilai mistis yang selama ini lebih sering ditakutkan oleh masyarakat umum.

Kondisi inilah yang membuat YE-IB merasa tidak mampu untuk bekerja sendiri dan perlu melibatkan mahasiswa juga lulusan prodi Senjata Tradisional Keris untuk hadir di tengah masyarakat.

“Mahasiswa Keris perlu merasa percaya diri dengan bidang keilmuannya. Di masa yang akan datang, peminat pusaka kelak akan semakin banyak dan lulusan di bidang keris akan semakin dicari juga dibutuhkan banyak orang,” paparnya.

Menurut dia, lulusan dari prodi Senjata Tradisional Keris ISI Surakarta memiliki potensi besar dan sangat dibutuhkan di masyarakat baik di masa ini maupun di masa yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya