SOLOPOS.COM - Jumlah peminat program Wirausaha Merdeka melebihi kuota. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Peminat program Wirausaha Merdeka yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melebihi ekspektasi.  Kolaborasi akademisi dan praktisi atau pengusaha terus berkembang pada program Kemdikbud yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya program lainnya seperti Praktisi Mengajar dan Wirausaha Merdeka yang kali ini dikoordinatori di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan peserta dari Jawa Tengah dan Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kuota yang disediakan dalam program Wirausaha Merdeka ini adalah 750 mahasiswa. Namun saat pendaftaran, ada lebih dari 1.000 mahasiswa mendaftar. Dari jumlah tersebut diseleksi menjadi 876.

Baca Juga: Gaji Prilly Latuconsina sebagai Dosen Praktisi UGM

Salah agenda kegiatan adalah pelatihan oleh narasumber yang terpercaya  di bidang masing-masing. Setelah mendapatkan pelatihan, mahasiswa mendapatkan dosen pendamping lapangan, salah satunya adalah Universitas Surakarta, didampingi oleh Dani yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Surakarta (Unsa), yang meloloskan sembilan mahasiswa antara lain dari dua fakultas, ekonomi dan teknik.

Program Merdeka Wirausaha ini bertujuan agar mahasiswa lulus dari perguruan tinggi memiliki jiwa wirausaha dan mampu menjadi enterpreuner yang memberikan kontribusi kepada bangsanya.

Baca Juga: Tantangan Penerapan Kurikulum Merdeka, dari Anggaran sampai Pemahaman

Pada Kamis (6/10/2022) mahasiswa diserahterimakan di lokasi mereka belajar berwirausaha langsung pada perusahaan atau umkm yang bersedia dan mampu memberikan mentoring dan ilmunya usahanya, sehingga mahasiswa bisa magang dengan periode yang dibutuhkan.

Baca Juga: Kurikulum Merdeka Berjalan Lancar di Kota Solo, Namun Perlu Evaluasi

Optik Aini Sragen yang digawangi oleh Pak Riza dan keluarganya yang solid, mampu dan bersedia menerima mahasiswa untuk diarahkan dan bantu dalam pengembangan pengetahuan, sampai dengan membentuk business plan yang bergerak sesuai lokasi magang, yaitu optik atau kacamata yang memiliki kriteria perusahaan yang sehat sebagai lokasi magang program wirausaha Merdeka Kampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya