SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri (JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Warung milik Saryono di tepian jalur jalan Temanggung-Kedu, wilayah Kampung Maliyan, Kelurahan Sidorejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (9/4/2014), dibobol pencuri saat pemiliknya mengikuti pemungutan suara di daerah asalnya di Kalibanteng, Kota Semarang.

Pelaku Bani Ristiyanto yang warga Kayogan, Sidorejo, Temanggung itu ditangkap warga dan petugas Kepolisian Sektor Kota Temanggung yang sedang patroli, saat dia membawa barang curian berupa 165 bungkus rokok berbagai merek. Kapolres Temanggung AKBP Dwi Indra Maulana mengatakan pencurian terjadi sekitar pukul 12.00 WIB di warung yang juga rumah milik Saryono.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rumah tersebut, saat itu dalam keadaan kosong karena ditinggal mencoblos di Semarang. “Tersangka masuk warung korban lewat pintu belakang dan mengambil rokok di etalase,” katanya.

Ia mengatakan warga yang mengetahui ada pencurian kemudian mengejar dan akhirnya pelaku tertangkap di penggilingan padi, tidak jauh dari rumah sasarannya. Tersangka bersembunyi di tempat itu dan berhasil diketahui warga yang selanjutnya dia ditangkap. “Polisi yang sedang patroli di sekitar lokasi untuk pengamanan pemilu lantas mengamankan pelaku,” katanya.

Ia mengatakan tersangka mencuri 165 bungkus rokok berbagai merek dengan nilai sekitar Rp2 juta. Tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Bani Ristiyanto mengatakan sebelum mencuri, ia sempat mencoblos di TPS tempatnya terdaftar. Pencurian itu dilakukan bersama temannya yang warga Kendal, Slamet. Slamet melarikan diri.

Sebelum melakukan aksi, keduanya sudah merencanakan malam sebelumnya karena tahu jika rumah itu dalam keadaan kosong. “Saya masuk warung melalui pintu belakang dan mengambil rokok, tetapi saat keluar ternyata ketahuan warga, sedangkan teman saya Slamet melarikan diri ke arah Temanggung menggunakan sepeda motor Yamaha Force One,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya