SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (JIBI/Solopos/Antara/Dhoni Setiawan/Prasetyo Utomo)

Solopos.com, JAKARTA — Tingginya apresiasi publik terhadap Joko Widodo (Jokowi) yang terbaca pada hasil survei elektabililitas calon presiden (capres) kini bukan sesuatu yang mengagetkan. Namun, kini bukan hanya Jokowi, Ada satu lagi nama lain yang muncul sebagai tokoh perubahan: Surya Paloh.

Adalah Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyurvei persepsi publik atas tokoh perubahan Indonesia menjelang musim pemilu. Hasil survei itu menyebutkan ada dua figur lama dan figur baru yang dinobatkan sebagai tokoh perubahan, yakni Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh dan Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Mereka hanya pejabat publik maupun politisi partai yang namanya sering muncul dalam pemberitaan media massa,” kata Direktur LPI Boni Hargens menjelaskan kriteria figur saat rilis hasil survei bertajuk Siapa Tokoh Perubahan 2014? Yang diterima redaksi media massa di Jakarta, Minggu (20/1/2014).

LPI membagi dua kategori tokoh dalam survei ini, yakni figur lama atau mereka yang sudah 10 tahun bergerak dalam dunia politik, dan figur baru atau mereka yang kurang dari 10 tahun bergerak dalam dunia politik. Lima figur lama yang meraih skor tertinggi sebagai Tokoh Perubahan berdasarkan hasil survei LPI, adalah Surya Paloh (6,74%), Megawati Soekarnoputri (6,02%), Jusuf Kalla (5,86%), Rizal Ramli (5,74%) dan Prabowo Subianto (5,72%).Sedangkan figur baru yakni Joko Widodo (7,06%), Abraham Samad (6,8%n), Hary Tanoesoedibjo (6,61%), dan Ali Masykur Musa (6,2%).

Survei dilakukan pada Jumat-Jumat (10-17/1/2014) di Jakarta, yag menggunakan metode kualitatif dengan diskusi mendalam dan pengisian instrumen penelitian, lalu diukur menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode scoring. “Jadi, penelitian ini memakai mixed-approach kualitatif-kuantitatif,” kata Boni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya