SOLOPOS.COM - Ilustrasi merakit kotak suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Pemungutan suara Pemilu 2014 untuk menentukan para anggota lembaga legislatif secara nasional baru dijadwalkan 9 April 2014 mendatang. Meski demikian, sebagian warga Indonesia yang tinggal di Republik Rakyat China telah melakukan pemungutan suara, Minggu (30/3/2014).

Demikian diberitakan laman resmi pemerintah Setkab.go.id yang mengutip Kedutaan Besar RI Beijing. Pemungutan suara dilakukan di halaman KBRI Beijing sejak pukul 09.00 sampai pukul 17.00 waktu setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan pemungutan suara Pemilu 2014 di KBRI Beijing itu diawali dengan pencoblosan yang dilakukan Dubes RI Soegeng Rahardjo dan istrinya, Aslida Nurmathias Rahardjo, yang masing-masing melakukan pencoblosan di TPS 2 dan TPS 1. Selanjutnya Pemilu diikuti dengan tertib oleh sekitar 423 orang pemilih dari 1197 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri Beijing (PPLN).

Selain 423 suara yang berhasil dikumpulkan melalui dua TPS yang dibuka di Beijing, PPLN Beijing juga telah memperoleh 49 kertas suara dari Kota Tianjin, yang dikumpulkan oleh tim dropbox pada 23 Maret 2014. PPLN juga masih menunggu 380 kertas suara yang telah dikirim melalui pos dari para pemilih di berbagai kota di wilayah kerja PPLN Beijing.

Selain menggunakan hak suaranya, warga Indonesia yang berada di China itu juga menggunakan kesempatan ini untuk saling bersilaturahmi, serta menikmati Bazaar Indonesia di halaman KBRI Beijing. Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Beijing menjual berbagai macam makanan khas Indonesia seperti pempek, sate ayam, nasi uduk, siomay, bakso, asinan buah, dan bubur Manado. Bazaar juga diikuti oleh masyarakat Indonesia lainnya yang berjualan batik, minuman dan makanan kecil khas Indonesia.

Demi mempersiapkan pemungutan suara Pemilu 2014, sebanyak 7 orang anggota PPLN dan 14 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemilihan Luar Negeri (KPPSLN) telah dilantik oleh Dubes RI Soegeng Rahardjo, Sabtu (29/3/2014) di KBRI Beijing. Pemilu legislatif di RRT juga dilaksanakan secara serentak pada hari Minggu (30/3/2014) di Shanghai dan Hong Kong. Sementara Pemilu di Guangzhou akan diselenggarakan pada tanggal 6 April 2014.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya