PEMILU 2014 : SBY Akui Demokrat Pertimbangkan Koalisi

SHARE
PEMILU 2014 : SBY Akui Demokrat Pertimbangkan Koalisi
SOLOPOS.COM - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, BOGOR — Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan pihaknya masih mencermati perkembangan politik pascapemungutan suara pemilihan calon anggota lembaga legislatif Pemilu 2014 untuk kemudian melakukan koalisi dengan partai lain.

“Apakah Demokrat sudah tentukan berkoalisi dengan siapa? Sekarang ini belum, kami tengah berkonsolidasi. Setelah peta politik jelas tentu akan menjalin komunikasi dengan partai lain, malam ini belum menentukan pilihan,” kata Yudhoyono, dalam keterangan pers di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/4/2014) malam.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Terkait pertanyaan apakah Partai Demokrat akan berkoalisi dengan Partai Gerindra, ia mengatakan belum ada keputusan spesifik terkait hal itu, meski demikian ia mengatakan semua peluang terbuka. “Apa mungkin Partai Demokrat berkoalisi dengan Gerindra, terlalu dini, tapi dalam politik semua keinginan terjadi, menurut Otto van Bismarck, politik adalah art of possible, saatnya belum tepat menjawab pertanyaan spesifik itu,” katanya.

Demikian pula mengenai posisi Partai Demokrat dalam lima tahun mendatang apakah menjadi bagian dari pemerintah atau opisisi, Yudhoyono menjelaskan pada saatnya akan disampaikan posisi partai berlambang bintang segitiga itu. “Ada yang tanyakan, bila presiden bukan yang diusulkan Partai Demokrat apakah ada di pemerintahan atau oposisi, kedua-duanya dimungkinkan, kalau cocok, bisa di dalam tapi bila tidak siap jadi oposisi,” tegasnya.

Dalam perhitungan cepat di sejumlah lembaga hitung cepat atas hasil perolehan suara partai politik dalam pemilu legislatif 2014, menunjukkan Partai Demokrat berada diurutan keempat setelah PDIP, Golkar dan Gerindra dengan rata-rata perolehan suara sekitar 10%. Yudhoyono dalam kesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada parta-partai tersebut dan menyatakan Partai Demokrat berbesar hati menerima hasil hitung cepat itu.

Saat menyampaikan keterangan pers, Yudhoyono didampingi oleh Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, Ketua Harian DPP Partai Demokrat, Syarifuddin Hassan, Direktur Eksekutif Toto Riyanto, dan Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago