SOLOPOS.COM - Pemilu 2014 (kesbangpol.kemendagri.go.id)

Solopos.com, SUKOHARJO--DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Sukoharjo menargetkan sembilan kursi DPRD Kota Makmur dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

Sedangkan DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sukoharjo optimistis mendapatkan tujuh kursi dalam pesta akbar demokrasi lima tahunan. Ketua DPD Partai Golkar Sukoharjo, Giyarto, saat ditemui solopos.com, mengatakan kenaikan jumlah kursi partainya merupakan keharusan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertimbangannya, dia menjelaskan, supaya tidak ada partai politik (parpol) yang terlalu mendominasi di DPRD. “Untuk menyehatkan demokrasi dan jalannya pemerintahan di Sukoharjo, Golkar harus menaikkan perolehan suara dan kursi DPRD,” katanya, Senin (9/12/2013).

Giyarto menjelaskan, DPRD periode 2009-2014 dikuasai oleh PDI Perjuangan (PDIP) dengan 19 kursi. Partai Golkar yang menduduki posisi kedua hanya mendapatkan enam kursi DPRD. “Bila ada parpol yang terlalu dominan di DPRD, arahnya tidak sehat,” imbuhnya.

Dia optimistis target perolehan sembilan kursi DPRD bisa diwujudkan April tahun depan. Strategi Golkar yakni memberdayakan para calon anggota legislatif (caleg) dalam mendekati masyarakat. “Semuanya berpulang bagaimana caleg berkolaborasi dengan parpol,” tandasnya.

Giyarto merinci, target sembilan kursi terdiri dua kursi dari daerah pemilihan (dapil) I, I, III dan V. Sedangkan untuk dapil IV, DPD Golkar Sukoharjo hanya berani menargetkan satu kursi. Alasannya, banyak partai besar yang bertarung all out di dapil tersebut.

Dia mengklaim Golkar mempunyai basis massa pendukung yang merata di semua lapisan masyarakat. Seperti kaum muda, pengusaha, kalangan menengah ke atas hingga pegawai negeri sipil (PNS). “Masih banyak yang ingin memilih Golkar,” pungkas dia.

Secara terpisah, Ketua DPD Partai Nasdem Sukoharjo, Haryadi, mengaku optimistis mampu mewujudkan target tujuh kursi DPRD. Rinciannya yakni dua kursi di dapil I, satu kursi di dapil II, dua kursi di dapil III serta dua kursi di dapil IV dan V. “Kami optimistis,” tuturnya.

Optimisme Haryadi didasari figur 45 caleg Partai Nasdem Kota Makmur. Menurut dia, para calegnya visioner dan punya bekal politik yang menjanjikan. Strategi politik Partai Nasdem untuk memenangkan hati rakyat yakni dengan pendekatan secara personal.
“Semua caleg kami [Nasdem] adalah warga Sukoharjo. Potensi mereka cukup menjanjikan. Mereka adalah hasil seleksi partai dari sekian banyak yang mengajukan diri,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya