SOLOPOS.COM - Bondan Winarno (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Para artis yang ikut meramaikan bursa calon legislatif (caleg) Pemilu 2014 sering dipandang sebelah mata baik oleh para pesaingnya maupun publik pemilik hak suara. Maklum saja, banyak di antara mereka yang tidak memiliki track record memadai di bidang politik. Alhasil, tak sedikit warga mencap mereka hanya mengandalkan popularitas, bukan kualitas.

Menanggapi anggapan semacam itu, para artis mengakui bahwa tudingan tersebut adalah sebuah tantangan bagaimana membalikkan stereotip yang sudah terbangun di mata masyarakat. “Ini tantangan, tinggal bagaimana kita sebagai caleg mengubah pandangan itu, balik lagi ke kitanya sendiri, terutama bagaimana kita melakukan pendekatan kepada konstituen,” ujar Bondan Winarno, wartawan yang belakangan lebih dikenal publik sebagai presenter acara televisi dan kini juga caleg dari Partai Gerindra di Jakarta, Minggu (16/3/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal yang sama diutarakan Anang Hermansyah, musisi yang juga caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN). Menurutnya, semua warga negara memiliki hak yang sama untuk maju sebagai caleg. Namun untuk dipilih oleh masyarakat pastinya para caleg memiliki strategi masing-masing. “Kalau secara kualitas, caleg yang dari kalangan artis juga banyak yang memiliki kualitas duduk sebagai wakil rakyat dan banyak yang sudah berhasil,” ujar Anang di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, penyanyi dangdut Camel Petir yang merupakan caleg dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengutarakan bahwa pandangan negatif masyarakat itu datang karena mereka tidak mengenal lebih dalam terhadap caleg artis tersebut. “Banyak yang tidak tahu bagaimana kehidupan kita yang lain, terutama background pendidikan maupun organisasi yang kita jalankan yang berhubungan dengan politik. Justru ini kesempatan bagi kita untuk mengenalkan siapa sosok kita secara kualitas,” ujar Camel Petir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya