Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Ika Yuniati - Solopos.com
Selasa, 30 November 2021 - 06:00 WIB

SOLOPOS.COM - Model memeragakan busana batik dalam berbagai gaya saat konferensi pers Solo Batik Fashion 2021 di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (27/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kompetisi bergengsi yang bertujuan melestarikan wastra Solo bertajuk Putra Putri Batik bakal digelar akhir pekan ini, di Solo Paragon Lifestyle Mall, Minggu (5/12/2021).

Acara ini sekaligus memanaskan ajang Solo Batik Fashion (SBF) 2021, Senin (6/12/2021). Nantinya bakal dipilih tiga kategori Putra dan Putri batik usia anak-anak, remaja, dan dewasa.

Ketua pelaksana acara, Reifatma Nuraviani, saat diwawancarai Solopos.com, Senin (29/11/2021), mengatakan pendaftaran sudah dimulai awal pekan ini. Setelah melalui sejumlah seleksi, peserta terpilih bakal berkompetisi di cat walk pada Minggu siang.

Baca Juga: Waduh! Separuh Sanggar Seni di Kota Solo Sudah Tidak Aktif, Kenapa Ya?

Reifatma mengatakan bahwa syarat mengikuti pemilihan Putra Putri Batik Solo tersebut cukup mudah. Salah satunya yakni tampil percaya diri di depan publik. Acara tersebut diselenggarakan untuk mengakomodasi anak-anak muda pencinta batik yang ingin turut melestarikan wastra sebagai warisan kebudayaan.

“Memang tidak syarat fisik secara proporsional atau lainnya, karena tujuannya memberikan wadah anak muda untuk turut promosikan batik,” terangnya.

Nantinya, para pemenang bertugas mempromosikan batik selama setahun menjabat. Khususnya batik milik para perajin Usaha Kecil Menengah (UKM) di Solo sekitarnya. Final kompetisi ini bakal dihadiri dewan juri dari perwakilan SBF 2021 yakni desainer Owens Joe, Dinas Pariwisata, serta pihak sponsor.

Baca Juga: Libur Sekolah & ASN Solo Dipersingkat, Gibran: Biar Tak Pulang Kampung

Acara pemilihan Putra dan Putri Batik 2021 Solo pada Minggu (5/12/2021) juga menjadi pra event SBF 2021. Setelah itu, pada Senin (6/12/2021), SBF dibuka dengan penampilan Batik Walang Kekek bersama sang maestro Keroncong, Waldjinah.

Dilanjutkan dengan pemberian life time achievement untuk mendiang maestro batik Go Tik Swan sang Panembahan Hardjonagoro. Sebelumnya, ketua acara, Owens Joe, mengatakan SBF 2021 mengusung tema Luxury for The World.

Mereka mengangkat kekayaan batik tulis Solo sebagai bahan utama. Total ada 55 desainer kenamaan Solo hingga luar Jawa yang bakal mereka libatkan. Ditambah 15 desainer dari perwakilan UKM Soloraya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif