SOLOPOS.COM - Zulkifli Hasan (tengah) saat masih menjadi Menhut (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Rapat paripurna MPR akhirnya menetapkan paket yang diusung Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo sebagai pimpinan MPR periode 2014-2019. Ketua MPR terpilih, Zulkifli Hasan, menyatakan agenda pertama MPR adalah menyukseskan pelantikan Jokowi-JK.

“Ya tentu ini tugas yang berat tapi mulia, tentu dengan dukungan para teman-teman wakil ketua dan senior ada Pak Mangindaan, Pak Hidayat, Pak OSO [Oesman Sapta Odang], kemudian Pak Mahyudin dan dukungan seluruh anggota,” kata Zulkifli usai dilantik sebagai ketua MPR di gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (7/10/2014), seperti dilaporkan Detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Politisi PAN itu mengatakan sebagai pimpinan MPR, pihaknya siap menjalankan tugas dan tanggungjawab selama 5 tahun ke depan. Agenda pertama adalah melantik presiden dan wakil presiden terpilih.

“Agenda terdekat kita 20 Oktober mendatang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, harus betul-betul kita sukseskan karena jadi tonggak keberhasilan demokrasi kita,” ujar mantan Menteri Kehutanan KIB II itu.

Pihaknya membantah pimpinan MPR terpilih yang diusung Koalisi Merah Putih ini punya agenda untuk menjegal atau menjatuhkan pemerintahan Jokowi-JK.

“Itu pikiran aneh saja, saya kira kita harus utamakan persatuan kesatuan. Apalagi lembaga MPR perekat perbedaan, yang penting kita sukseskan agar pembangunan sukses, pemerintahan sukses dari pusat sampai daerah. Tidak ada niatan yang tadi itu,” tegas Zul.

Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pun mengakui kemenangan paket Pimpinan MPR Koalisi Merah Putih (KMP). Koalisi Indonesia Hebat tak khawatir Jokowi bakal dimakzulkan meski MPR dikuasai Koalisi Merah Putih.

“Yang orang khawatirkan paling impeachment. Tapi kalau lihat Pak Zulkifli Hasan itu orang baik, Pak Mangindaan itu orang baik, Pak Hidayat Nur Wahid itu kyai. Pak Oesman Sapta, itu figur-figur yang bijak dan baik. Saya haqqul yakin tidak terjadi impeachment,” kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Menurut Karding, proses pemilihan pimpinan MPR yang telah dimenangkan Koalisi Merah Putih bersama unsur DPD itu berjalan dengan fair. Maka Koalisi Indonesia Hebat tidak ambil pusing.

“Ini demokrasi lah. Saya kira ini fair. Kita ucapkan selamat dan hormat saja dan apresiasi. Biasa, kalah menang begini,” kata Karding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya