SOLOPOS.COM - Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi (Facebook)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo, Rabu (19/11/2014), menunjuk mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Amien Sunaryadi sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas).

Kebijakan Presiden Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—itu disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu. Menurut dia, penunjukan Presiden Jokowi tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden No 189/M/2014 yang ditandatangani pada 18 November 2014.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pak Amien merupakan sosok yang tepat memimpin SKK Migas,” katanya.

Amien Sunaryadi, Ak. MPA. CISA. yang lahir di Malang, 23 Januari 1960, merupakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode pertama, 2003-2007. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Jakarta, satu almamater dengan Sudirman Said.

Selepas STAN, Amien muda ditarik menjadi asisten dosen di mantan kampusnya. Namun, tidak berlangsung lama, ia memilih menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dengan bergabung di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Amien berkarier di BPKP hingga 18 tahun dengan jabatan terakhir Kepala Sub Kelancaran Pembangunan Direktorat Pengawasan Khusus.

Seusai berkarya di BPKP, Amien bekerja sebagai di biro konsultasi keuangan internasional, Price Waterhouse Coopers (PWC), sebelum mendaftar dan terpilih sebagai wakil ketua KPK. Saat di KPK, prestasi Amien antara lain dalam pengungkapan kasus anggota Komisi Pemilihan Umum Mulyana W. Kusumah dan Direktur Perum Bulog Widjanarko Puspoyo.

Selepas KPK, Amien di antaranya berkarier di Bank Dunia dan konsultan Ernst and Young (E&P) sebelum dipercaya menjabat Kepala SKK Migas. Seperti Sudirman Said, Amien juga pegiat di Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) 1999-2004. Ia sempat menjadi Ketua Badan Pelaksana MTI. Selain keduanya, Erry Riyana Hardjapamekas yang pernah menjabat wakil ketua KPK bersama Amien juga aktif di MTI.

Amien beristrikan Sri Luthfia Suryandari. Karier pendidikan ayah tiga anak ini dimulai di STAN dengan meraih ajun akuntan (AAk) Program Diploma III pada 1982. Pada 1988, Amien meraih gelar Akuntan (Ak) Program Diploma IV Spesialisasi Akuntansi dari sekolah yang sama.

Selanjutnya, pada 1993, Amien meraih Master of Professional Accountancy (MPA) dari School of Accountancy pada College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta, AS. Tahun 1996, ia memperoleh Certified Information Systems Auditor (CISA) yang dikeluarkan Information System Audit and Control Foundation, AS.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya