SOLOPOS.COM - Ilustrasi kedelai. (Antara)

Solopos.com, BANDARLAMPUNG–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program subsidi kedelai senilai Rp1.000 per kilogram hingga akhir Desember 2022 bagi pengrajin tempe dan tahu.

“Program bantuan selisih harga pembelian bahan baku kedelai untuk pengrajin tahu tempe Rp1.000 per kilogram ini nanti diperpanjang hingga akhir Desember ini,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, di Bandarlampung, Jumat (30/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mendag mengatakan hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

“Tadi juga sudah mendengar masukan dari pengrajin tahu tempe, dan akan diperjuangkan pula untuk pemberian subsidi kedelai itu tidak diangsur satu hingga dua bulan tetapi langsung per tahun,” ucap dia.

Dia menjelaskan bantuan tersebut diharapkan dapat menjaga keberlangsungan produksi tahu tempe dengan harga yang terjangkau dengan mendapatkan kedelai dengan harga terjangkau.

“Kalau pengrajin dapat harga yang wajar maka produksi berjalan lancar dan harga produknya pun terjangkau bagi masyarakat,” tambah dia.

Tanggapan lain atas adanya rencana tersebut dikatakan oleh Ketua Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin.

“Agar dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan perbaikan dalam meningkatkan efektivitas program bantuan selisih harga pembelian kedelai sehingga dapat mencapai target yang tepat sasaran,” kata Aip Syarifuddin.

Menurut dia, bantuan pemerintah tersebut sangat membantu pengrajin tahu tempe. Serta berharap realisasi bantuan dapat segera dipercepat.

“Harapannya ini bisa dipercepat, jadi produksi tidak terganggu dan konsumsi tahu tempe terjaga,” papar dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya