SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mulai mempersiapkan kesiapan infrastruktur pendukung jalan tol guna memastikan kelancaran arus mudik pada tahun ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan pihaknya telah melakukan pembenahan dkementerian pupran terus dilakukan secara rutin melalui peningkatan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Diharapkan infrastruktur jalan tol dapat semakin aman dan nyaman untuk digunakan masyarakat dalam mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022, serta ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang optimal,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: UMKM Soloraya Harus Siap Sambut Beroperasinya Jalan Tol Solo-Jogja

Danang mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan mulai dari aspek keselamatan dengan memastikan fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, antiglare, flip flop lamp, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik. Hal yang sama di aspek keamanan berkendara, kesiapan petugas layanan patroli, petugas medis, rescue didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol.

Sementara itu, dari sisi kenyamanan berkendara dilakukan kesiapan kondisi main road yang semakin lebar dan bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difable, tempat beribadah, stasiun pengisian bahan bakar umum, serta pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.

Baca Juga: 375 Hektare Lahan Pertanian Klaten Terdampak Jalan Tol Solo-Jogja

Dia menuturkan bahwa koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga dilakukan untuk memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas. Berbagai rekayasa lalu lintas juga akan disiapkan mengantisipasi kondisi-kondisi khusus di lapangan sesuai instruksi dari pihak Kepolisian.

Hal lainnya adalah optimalisasi gardu transaksi melalui penambahan gardu entrance-reversible, mobile reader, untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang.

“Bagi pengguna jalan tol yang ingin memperoleh update informasi terkini di jalan tol, tersedia berbagai informasi yang memungkinkan diperoleh melalui media sosial masing-masing BUJT, aplikasi BPJT Info,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya