Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pemerintah Jepara Bakal Tambah Satu SMP Negeri, Ini Lokasinya

Pemerintah Kabupaten Jepara berencana menambah satu lagi SMP negeri di Kecamatan Mlonggo.
SHARE
Pemerintah Jepara Bakal Tambah Satu SMP Negeri, Ini Lokasinya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa sekolah menengah pertama (SMP). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, JEPARA — Pemerintah Kabupaten Jepara berencana menambah satu lagi sekolah menengah pertama atau SMP negeri di wilayahnya. SMP negeri baru itu rencana dibangun di Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Ali Hidayat, mengatakan saat ini proses pendirian SMP negeri di Kecamatan Mlonggo itu baru tahap pencarian lokasi. Sekolah yang dibangun itu nantinya akan SMP Negeri 2 Mlonggo.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ia mengaku selama ini di Kecamatan Mlonggo baru ada satu SMP negeri, yakni SMPN 1 Mlonggo. SMP negeri yang sudah ada ini pun kurang bisa menampung seluruh siswa di Kecamatan Mlonggo, Jepara.

“Kami melihat masih ada peluang untuk dapat siswa di sana [Mlonggo],” ujar Ali dikutip dari Murianews.com, Sabtu (25/6/2022).

Menurut Alil, setiap tahunnya ada sekitar 253 siswa yang tak tertampung di SMPN 1 Mlonggo. Akhirnya, siswa-siswa itu pun bersekolah di SMP swasta. ”Bahkan ada pula yang tidak melanjutkan sekolah,” ujar dia.

Baca juga: Asal Usul Tradisi Perang Obor di Jepara, Begini Kisahnya

Terlebih lagi, jumlah anak tidak sekolah di Kabupaten Jepara cukup banyak, yakni mencapai 17.065 anak. Beberapa di antara anak yang tidak melanjutkan sekolah itu berasal dari Kecamatan Mlonggo.

Kendati demikian, hingga saat ini Disdikpora Kabupaten Jepara belum menentukan lokasi untuk didirikan SMP Negeri 2 Mlonggo itu. Namun, Disdikpora Jepara mengaku sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk pembelian lahan sekolah tersebut.

“Untuk pembelian tanah tersedia anggaran sekitar Rp1 miliar. Ini kami masih proses mencari tanah,” ujarnya.

Baca juga: PPDB Ditutup, 27 SMP Negeri-Swasta Sukoharjo Masih Kekurangan Murid

Dengan adanya SMPN 2 Mlonggo nanti, Ali berharap siswa yang tak masuk di SMPN 1 Mlonggo bisa terakomodasi di sekolah negeri. Selain itu, harapannya, dengan adanya sekolah baru itu mampu menekan angka putus sekolah di Kabupaten Jepara, terutama Kecamatan Mlonggo.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode