SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bersama Ketua Inaspoc Gibran Rakabuming Raka menggelar tumpengan di Stadion Manahan, Solo, Kamis (28/7/2022) malam. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengecek langsung kesiapan lokasi opening ceremony ASEAN Para Games (APG) di Stadion Manahan, Kota Solo, pada Kamis (28/7/2022) malam. Pemerintah melalui Menpora melakukan doa bersama dengan menggelar tumpengan untuk kesuksesan APG di Solo pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Menpora dan Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka kemudian menyaksikan langsung pelaksanaan geladi kotor upacara pembukaan APG 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menpora meyakini opening ceremony akan berjalan sukses sesuai harapan. Apalagi, APG Solo tak hanya disiarkan oleh media dalam negeri tetapi luar negeri. “Insya Allah akan bagus, saya sangat optimistis. Kesiapan sudah siap, saya dan Wali Kota sudah memastikan. Semoga persiapan lebih giat lagi,” kata dia.

Baca Juga: Fasilitas Media Center APG, Internet 1 Gbps hingga Pijat Tunanetra

Ekspedisi Mudik 2024

Menpora mengatakan jelang dimulainya APG, Mas Wali sudah memberi semangat ke Menpora. Dia menambahkan seluruh yang terlibat adalah harapan 277,7 juta rakyat Indonesia.

“Kalau itu sukses maka bukan hanya sukses buat penyelenggara tetapi sukses untuk rakyat Indonesia,” kata Menpora.

Dia menyebut semua harus menunjukkan meskipun dalam waktu singkat, Indonesia sukses dan mampu sebagai penyelenggara APG.

Baca Juga: Ribuan Atlet APG 2022 dari Sejumlah Negara Tiba di Bandara Adi Soemarmo

Di berbagai kesempatan, Menpora mendapat berbagai apresiasi dan pujian dari berbagai negara yang pernah mengikuti multievent maupun single event. “Kata mereka, kalau Indonesia sebagai tuan rumah, mereka sampaikan sangat luar biasa dan sangat menikmati di Indonesia,” kata Menpora.

Dia mengatakan kepercayaan dari Mas Wali sebagai Ketua Inaspoc kepada seluruh panitia ditunjukkan dengan kerja serius, konsentrasi, dan fokus. Jangan sampai konsentrasi dan fokus hilang, masing-masing tugas harus dilakukan.

“Ini akan disiarkan oleh media luar negeri juga. Di sini juga akan dihadirkan tamu-tamu VIP dan VVIP. Saya yakin yang sudah ditunjuk bisa menjalankan tugas dengan baik dan membanggakan Indonesia di mata dunia,” kata Amali.

Baca Juga: Pembukaan APG 2022 di Stadion Manahan, Gibran Pastikan Rumput Aman

Sementara itu, Gibran mengatakan persiapan opening ceremony sudah sangat siap. Pencahayaan akan dimaksimalkan. Penari dan seniman juga sudah siap.

“Malam ini seluruhnya kebut semua, saya lihat venue beberapa negara sudah mencoba. Venue sudah siap, kalau ada masukan kami siap,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya