SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan kepala daerah di Soloraya saat peluncuran PeSONas di halaman Stadion Manahan Solo, Kamis (9/12/2021) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah berharap pada Juli 2022 kasus Covid-19 sudah menurun sehingga pelaksanaan Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 bisa berlangsung aman dan meriah. Pemerintah mendukung ajang anak-anak bertalenta khusus yang digelar oleh Special Olympic Indonesia (SOIna).

“Semoga Juli 2022 kasus Covid-19 sudah menurun sehingga antusias masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pesonas makin banyak dan dapat diikuti peserta dari seluruh Indonesia. Kendati demikian perlu dibuat Plan B atau rencana lain untuk menyesuaikan dengan keadaan,” kata Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental , Pemajuan Kebudayaan & Prestasi Olah Raga Kemenko PMK, Didik Suhardi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dukungan pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait untuk Pesonas 2022 disampaikan dalam Rapat Koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Kemenko PMK), Rabu (9/2/2022).

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Sekretaris Kabinet, Polri, Kominfo, Kemenkes, Kemendikbud, Kemensos, Kemenpora, Kementerian P3A, Komnas Perempuan & Anak, Komnas HAM, Komnas Disabilitas dan lain-lain.

Baca juga: Pembalap Dunia di Mandalika, Bersepeda hingga Beli Kelapa Muda

Kegiatan Pesonas yang diinisiasi masyarakat tetap memerlukan kehadiran pemerintah agar tercipta sinergi dari awal hingga selesai. Apalagi ke depannya acara Pesonas juga berkontribusi untuk membesarkan nama Indonesia di dunia internasional.

Ketua Umum SOIna, Warsito Ellwein menjelaskan Pesonas adalah ajang anak-anak bertalenta khusus untuk mengembangkan diri, antara lain di bidang olah raga. “Anak bertalenta khusus bukanlah anak cacat. Mereka tidak butuh dikasihani, namun mereka butuh ruang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan diri secara maksimal,” ujar Warsito.

Dia menjelaskan, SOIna didirikan pada 1989 sebagai bagian dari gerakan Special Olympiade Internasional yang fokus pada olahraga beserta program pendukungnya. Rencananya, para atlet berprestasi di Pesonas 2022 akan diikutsertakan dalam Special Olympic 2023 di Berlin, Jerman.

Baca juga: Bermain Bocce, Pemkab Wonogiri pun Dikalahkan Penyandang Disabilitas

“Pesonas ini akan menjadi ajang pesta anak-anak bertalenta khusus yang aman , nyaman, guyub, rukun, dan bahagia. Tema besarnya, Akulah Bintang,” lanjut Warsito seraya menambahkan bahwa Pesonas akan diikuti oleh 2.000 atlet dari 34 provinsi, yang berlaga di 12 cabang olah raga.

Cabang yang dipertandingkan adalah atletik, bulutangkis, tenis meja, sepak bola, renang, bola basket, boche, futsal, senam ritmik, bola tangan, bola voli dan tari daerah. Ada juga kegiatan non olah raga, seperti Kongres Nasional Keluarga & Pemuda SOIna, program pelatihan kepemimpinan para atlet, jaringan dukungan keluarga, seni budaya, dan revolusi inklusi.

“Kirab obor menjadi salah satu rangkaian acara menjelang pembukaan Pesonas 2022, dimulai sejak Desember 2021. Start dari Kabupaten Blora, ke Rembang, Pati, Jepara dan kota/kabupaten lainnya. Termasuk dikirab di Banten dan Jakarta sebelum ke lokasi Pesonas di Salatiga,” ujar Warsito.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya