SOLOPOS.COM - Menpora Republik Indonesia, Zainudin Amali memberikan sambutan secara virtual dalam perayaan Dies Natalis ke-3 Fakultas Keolahragaan UNS, Jumat (13/8/2021). (Solopos.com-UNS Solo)

Solopos.com, JAKARTA—Israel diperbolehkan bermain pada Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni. Hal itu ditegaskan oleh pemerintah dan PSSI dan sudah dibahas sejak 2019.

“Masalah itu sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos mengikuti Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Zainudin, sesuai kesepakatan dengan FIFA, sepak bola mesti dipisahkan dari politik. Oleh sebab itu, setiap negara bisa berlaga pada setiap turnamen FIFA meski negara tuan rumah tidak memiliki hubungan bilateral dengan mereka.

Baca Juga: Beberapa Stadion Piala Dunia U-20 Belum Layak, JIS Jadi Alternatif?

“FIFA sudah menyampaikan kepada kami, negara mana pun yang masuk ke Piala Dunia U-20 2023, harus bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pihak keamanan kita pasti akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan,” tutur Menpora.

PSSI melalui Sekretaris Jenderal Yunus Nusi juga menyatakan hal serupa. PSSI siap mengakomodasi kepentingan Timnas U-20 Israel selama beraktivitas di Indonesia.

“Soal Israel, kami rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah pada tahun lalu. Siapa pun bisa datang. Kami tetap mengakomodasi Israel. Itu adalah keputusan terakhir kami pada rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel,” kata Yunus.

Baca Juga: FIFA Sebut Beberapa Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Belum Layak

Israel memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Kepastian itu didapat setelah mereka kalah 0-1 dari Inggris pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa U-19 2022 di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia, Sabtu (25/6).

Gol Inggris dicetak Liam Delap pada menit keenam. Dengan hasil ini, Inggris berada di puncak klasemen Grup A dengan 9 poin. Sedangkan Israel menempati urutan kedua dengan nilai 4 poin hasil menang melawan atas Austria dan imbang melawan Serbia.

Selain Israel ada empat tim lain yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia U-20 yaitu Prancis, Italia, Inggris dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya