SOLOPOS.COM - Kombinasi sumber energi angin dan Matahari. (solyndra.com)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah tengah mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru seusai pandemi Covid-19.

“Kita harus mencari sumber pertumbuhan ekonomi yang baru pascapandemi Covid-19,” kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam acara webinar Bisnis Indonesia Mid Year Economic Outlook 2022: Prospek Ekonomi Indonesia di Tengah Perubahan Geopolitik Pascapandemi, Selasa (2/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurur Suahasil, sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, tak lepas dari tren yang terjadi di emerging market dan dunia internasional.

Lantas apa saja yang menjadi titik-titik dari potensi dan kesempatan pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang?

Potensi pertama, yaitu pola hidup normal baru atau new normal.

Salah satu contohnya sumber-sumber pertumbuhan baru, kata dia, didapat melalui kesadaran pola hidup sehat dan lonjakan aplikasi teknologi digital.

Kedua, peta perdagangan dan investasi baru, melalui diversifikasi supply chain, inisiasi regional supply chain, Indonesia dalam strategic global supply chain, dan fragmentasi globalisasi.

Selanjutnya, kesadaran ekonomi hijau melalui kebijakan progresif net zero emission, permintaan produk dan investasi ramah lingkungan serta ketahanan energi dan pangan.

Dia menuturkan pemerintah terus bersiap-siap, memikirkan dan menata kebijakan-kebijakan yang diperlukan guna menjaga ketahanan energi dan pangan lantaran ketahanan pangan dan energi menjadi salah satu sumber dari bagian pertumbuhan ekonomi baru.

“Dan tentu beberapa alat dukungnya adalah akselerasi adopsi teknologi baru, revitalisasi industri yang bernilai tambah tinggi, pembangunan ekonomi hijau dan penguatan EBT [energi baru terbarukan], dan keberlanjutan program food estate,” ujar dia.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Pemerintah Cari Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru PascaPandemi, Apa Saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya