SOLOPOS.COM - Warga berkebun dengan latar belakang Gunung Agung menyemburkan asap bercampur abu vulkanis, di Sidemen, Karangasem, Bali, Jumat (8/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Pemerintah mencabut status tanggap darurat Gunung Agung Bali.

Solopos.com, SANUR – Rapat Terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Wisma Diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Werdhapura, Sanur, Bali, Jumat (22/12/2017) malam, memutuskan meniadakan atau mencabut status tanggap darurat Bali yang diberlakukan semenjak Gunung Agung di Kabupaten Karangasem berstatus Awas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bali benar-benar siap untuk menerima wisatawan dan hal yang terpenting yang diputuskan oleh Bapak Presiden, yang nanti juga akan disampaikan oleh bapak Gubernur bahwa istilah atau status mengenai tanggap darurat itu ditiadakan atau dicabut, tidak ada lagi,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan usai ratas, seperti tertulis dalam situs resmi Setkab.go.id, Jumat.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan pencabutan itu, lanjut Seskab, pemerintah berharap tidak menimbulkan multitafsir bagi negara negara yang selama ini menganggap bahwa status tanggap darurat itu membuat mereka menjadi “ketakutan” sehingga mereka mengeluarkan travel ban.

Ditambahkan Seskab, sebagai bukti Bali aman dikunjungi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarga pada 29 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 akan berlibur di sana, menghabiskan waktu tahun baru di Pulau Dewata.

“Ini menunjukan bahwa Bali betul-betul aman,” ujar Pramono.

Mendekati Normal

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang mendampingi Seskab Pramono Anung mengemukakan, angka kedatangan wisatawan mancanegara di Bali yang biasanya rata-rata 15.000, dan sempat turun menjadi 2.000, hari ini sudah mencapai 12.300.

“Jadi kira-kira sudah 80% dari kondisi normal. Jadi, saya mohon rekan-rekan media di sini menjaga suasana yang sudah kondusif ini bahwa Bali itu normal,” tegas Menpar.

Menurut Menpar, Bali normal kecuali daerah yang 2-8 kilometer [dari Gunung Agung] sudah tidak perlu dibahas lagi. Ia menambahkan bahkan istilah tanggap darurat pun dicabut.

Untuk selanjutnya karena Bali itu normal, menurut Menpar, pemerintah akan melakukan promosi besar-besaran yang akan dijalankan selama satu triwulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya