Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pemerintah Buka Lowongan 1 Juta CPNS dan PPPK Tahun Ini

Penerimaan ASN pada tahun ini akan berfokus pada jabatan fungsional PPPK guru dan tenaga kesehatan yang tengah berada dalam proses validasi.
SHARE
Pemerintah Buka Lowongan 1 Juta CPNS dan PPPK Tahun Ini
SOLOPOS.COM - Peserta mengerjakan naskah soal saat pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Sukoharjo di Gedung LPPKS, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Selasa (21/9/2021). (Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) ad interim, Mahfud Md, menjelaskan pemerintah akan kembali membuka lowongan CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang.

“Jumlah rencana usulan perekrutan calon ASN 2022 adalah 1.086.128 orang atau berdasarkan formasi jabatannya,” kata Mahfud dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, Selasa (28/6/2022).

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Mahfud menekankan bahwa penerimaan ASN pada tahun ini akan berfokus pada jabatan fungsional PPPK guru dan tenaga kesehatan yang tengah berada dalam proses validasi.

Sementara itu, dari total penerimaan tersebut, kuota penerimaan akan dibagi untuk PPPK tingkat pusat dan daerah, serta untuk posisi CPNS sekolah kedinasan.

Secara terperinci, sebanyak 1.035.811 posisi akan dibuka untuk rekrutmen PPPK pusat dan daerah.

Baca Juga: 2 CPNS Solo 2021 Mundur, DPRD: Ini Pelajaran Bagi Pemerintah Pusat!

Untuk PPPK pusat, alokasi terbesar akan dibuka untuk posisi guru dengan total penerimaan sebanyak 45.000 orang, dilanjutkan dengan 20.000 kuota untuk posisi dosen, 3.000 posisi dokter atau tenaga kesehatan, dan 25.554 posisi untuk jabatan teknis lainnya.

Selanjutnya, untuk tingkat daerah, penerimaan PPPK akan dibuka untuk lebih dari 900 orang atau tepatnya mencapai angka 942.257, yang terbagi untuk posisi guru dengan kuota penerimaan sebanyak 758.018 serta sebanyak 184.239 formasi untuk posisi fungsional selain guru.

Sedangkan penerimaan untuk posisi CPNS, Mahfud menyebutkan bahwa pemerintah akan membuka lowongan sebanyak 8.941 kuota yang ditujukan untuk keperluan sekolah kedinasan.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK Dibuka Tahun Ini, Cek Formasinya di Sini!

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode