SOLOPOS.COM - Kawasan nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara Kementerian Dalam Negeri, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, menyatakan pemerintah berkomitmen menjaga dan melestarikan kearifan lokal atau local wisdom di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Tentang aspek komunal, dalam hal ini local wisdom atau istilah lainnya, saya kira pemerintah akan memberikan apresiasi, proteksi, dan afirmasi,” kata dia dalam acara Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pelaksana Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Selasa (22/3/2022), di Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemerintah berkomitmen memberi apresiasi, proteksi, dan afirmasi terhadap eksistensi hukum adat di IKN Nusantara, termasuk di dalamnya terkait dengan kesultanan dan hal lain yang menyangkut kearifan lokal. Afirmasi itu menjadi komitmen dalam rencana induk atau perincian rencana induk. Penjelasan lengkap tersaji di Pemerintah Berkomitmen Menjaga Kearifan Lokal di IKN Nusantara.

Kementerian BUMN mendorong jabatan direksi dan manajer senior di badan usaha milik negara (BUMN) diisi kalangan perempuan hingga 25% dan kalangan milenial hingga 10% pada 2023. Menteri BUMN Erick Thohir  telah merekrut sejumlah profesional muda di BUMN, misalnya dua Wakil Menteri BUMN yang merupakan mantan bankir.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami rekrut seperti Fajrin Rasyid di Telkom yang merupakan dari private sector. Saleh Ayyubi umur 36 tahun sekarang jadi Direktur di Biofarma untuk bagian transformasi. Sebelumnya dari United Healthcare. Kesetaraan gender menjadi sangat penting. Ini bagian check and balance,” kata dia seperti dilansir Bisnis.com, Selasa (22/3/2022). Selengkapnya bisa dibaca di Para Srikandi BUMN dan Target Menguasai 25% Jabatan Direksi pada 2023.

Kenaikan tarif pajak pertambahan nilai atau PPN akan berlaku pada 1 April 2022 atau sebulan menjelang Lebaran. Kenaikan PPN menjadi pukulan bagi warga karena harga sejumlah barang dipastikan naik menjelang Lebaran.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan kenaikan tarif PPN akan berlaku pada 1 April 2022. Pemerintah akan menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) terkait tarif PPN. Data lengkap bisa dibaca di Pukulan Jelang Lebaran itu Berwujud PPN Sebesar 11%.

Pemerintah Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, telah menyusun desain pengembangan kota dengan menjadikan kawasan Jl. Jenderal Sudirman sebagai kawasan utama yang disebut kawasan segitiga emas.

Ada jejak perang pengaruh dan kepentingan di segitiga emas itu yang harus menjadi pelajaran bagi generasi masa kini dan masa depan. Perang pengaruh dan kepentingan itu terjadi sejak abad ke-19 hingga hari ini. Duduk perkara bisa dibaca di Jejak Perang Pengaruh dan Kepentingan di Segitiga Emas Kota Solo.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan  Indonesia membutuhkan sembilan satelit pengindraan jauh untuk memantau kondisi kebencanaan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Deputi Instrumentasi Kalibrasi Rekayasa dan Jaringan Komunikasi BMKG, Muhamad Sadly, pada kuliah umum dalam rangka Hari Meteorologi Dunia Ke-72 secara daring di Jakarta, Selasa (22/3/2022), seperti diberitakan Antara.

Satelit pengindraan jauh merupakan teknologi untuk mengamati fenomena bumi dengan instrumen pengukur energi elektromagnetik tanpa melalui kontak fisik dengan objek yang diinginkan. Dalam manajemen bencana, satelit pengindraan jauh memungkinkan informasi diberikan pada seluruh fase. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Alami 5.402 Bencana di 2021, Indonesia Butuh 9 Satelit Pemantau.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya