SOLOPOS.COM - Ilustrasi bioskop (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah belum memutuskan untuk kembali membuka izin operasi bioskop menjelang masa akhir Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM pada Senin (13/9/2021).

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal mengatakan pemerintah telah menerima surat permohonan pembukaan bioskop dari Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) pada awal bulan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“GPBSI memang telah mengirim surat dan surat telah kami terima dan telah dilaporkan kepada Menko [Perekonomian],” kata Safrizal melalui pesan tertulis kepada Bisnis, Minggu (12/9/2021).

Nantinya, lanjut Safrizal, Kemenko Perekonomian yang bakal memiliki kewenangan untuk memutuskan kebijakan terkait pembukaan bioskop tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Aman Transaksi Pakai Mobile Banking, ATM, dan Internet Banking

Persiapan

Dia mengatakan permintaan pembukaan bioskop dari gabungan pengusaha itu masih dalam pembahasan di sejumlah kementerian dan lembaga terkait.

“Nanti Kemenko yang akan memutuskan mengenai rencana dibukanya bioskop, setelah dipelajari dan disimulasi,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menyebutkan sudah ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh pihaknya untuk menyambut sinyal pembukaan bioskop yang menguat akan dibuka pada 14 September 2021.

Beberapa persiapan di antaranya seperti persiapan penerapan protokol kesehatan di dalam ruangan bioskop, film-film yang ditayangkan, hingga pemenuhan regulasi untuk pengawasan seperti penyediaan medium barcode untuk aplikasi PeduliLindungi. “Semuanya itu dikerjakan atas nama asosiasi dan bukan per bioskop,” kata Djonny.

Baca Juga: Cerita Warga Solo Boyong Monstera King Variegata Gunung Lawu Rp225 Juta

GPBSI, kata Djhonny, sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memastikan persiapan industri film. Khususnya, agar bioskop bisa kembali beroperasi di tengah menurunnya level PPKM di beberapa kawasan di Indonesia.

Meski demikian, Djonny mengatakan keputusan dibukanya bioskop di 14 September 2021 masih dalam tahapan pembahasan di tingkat kementerian.

“Belum ada kepastian [buka tanggal 14 September], tapi kalau dilihat persentasenya ya 75 persen lah. Ada harapan,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya