SOLOPOS.COM - Pesawat udara bersiap lepas landas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (2/3/2022). Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menghentikan operasional sementara selama 24 jam saat Hari Raya Nyepi tahun Saka 1944 mulai Kamis (3/3) pukul 06.00 Wita hingga Jumat (4/3) pukul 06.00 Wita. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah pusat terus berupaya memberikan pelayanan prima untuk para tamu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah membangun infrastruktur baru yakni terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mendukung gelaran tersebut.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan terminal VVIP Bandara I Gustri Ngurah Rai ditujukan untuk mempermudah akses tamu KTT G20 di Bali, Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 dengan tema Recover Together, Recover Stronger, akan dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan pembenahan infrastruktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif,” jelas Basuki dalam keterangan resminya, Senin (30/5/2022).

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dibangun di atas lahan PT Angkasa Pura I. Pembangunan telah dilakukan mulai 14 Maret 2022. Ditargetkan pembangunan itu selesai pada akhir Agustus 2022.

Saat ini progres fisik pekerjaan telah mencapai 21,94%. Pembangunan dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya dengan anggaran Rp51 miliar.

Baca Juga: Airlangga Beberkan Peran G20 Jaga Stabilitas Ekonomi Dunia

Disebutkan, ruang lingkup pekerjaan terdiri dari bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ground water tank dan ruang pompa, pagar keliling dan gerbang, penataan lansekap, area drop off, area drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Boby Ali Azhari, mengatakan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menjadi wajah baru Pulau Bali dan Presidensi G20.

“Sebab di sinilah destinasi pertama yang dikunjungi para kepala negara peserta KTT G20. Saya harap koordinasi antar instansi tetap dijaga dengan baik demi kelancaran dan ketepatan pekerjaan,” kata dia.

Baca Juga: Ini Dia DFSK Gelora E Yang Siap Mendukung KTT G20

Selain pembangunan terminal VVIP yang baru, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali Ditjen Cipta Karya juga akan melakukan revitalisasi terminal VIP eksisting beserta bangunan penunjangnya. Di samping itu akan dilakukan pembangunan bangunan ekspedisi muatan pesawat udara (EMPU) untuk mendukung kegiatan KTT G20.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: PUPR Bangun Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai untuk Tamu KTT G20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya