SOLOPOS.COM - Pelaku perjalanan dari luar daerah dicegat di pintu masuk Sukoharjo tepatnya di wilayah Kartasura dan dicek kesehatan dan swab antigen pada Senin (19/4/2021) petang. (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemeriksaan kendaraan berpelat luar daerah yang melintasi Kartasura, Sukoharjo, mulai diperketat. Hal itu menyusul mulai adanya peningkatan volume kendaraan di wilayah itu.

Pemeriksaan kendaraan itu sekaligus dengan operasi protokol kesehatan. Wakapolres Sukoharjo, Kompol Teguh Prasetyo, mengatakan pemeriksaan kendaraan pelat luar daerah semakin intensif. Kendaraan tersebut dihentikan dan diperiksa termasuk penumpangnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakapolres mengatakan dokumen perjalanan akan dicek antara lain hasil tes swab antigen dan juga sertifikat vaksinasi Covid-19. Bagi penumpang yang tak mengantongi hasil swab antigen akan dites swab antigen oleh petugas kesehatan.

Baca Juga: Puluhan Warga Paluhombo Sukoharjo Demo Tuntut Sekdes Dicopot, Apa Kesalahannya?

"Kegiatan pemeriksaan kendaraan luar daerah dalam upaya mematuhi imbauan dari pemerintah terkait larangan mudik Lebaran. Sekaligus untuk memutus rantai penyebaran virus corona," kata Wakapolres, Senin (3/5/2021).

Dalam pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Sukoharjo melalui Kartasura tersebut, polisi bersama TNI menggandeng instansi terkait seperti Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Dishub Sukoharjo. Hal ini sekaligus operasi operasi yustisi terkait protokol kesehatan (prokes).

Wakapolres berharap larangan mudik Lebaran dipatuhi dan masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah guna memutus rantai persebaran virus Corona.

Baca Juga: Belasan Liter Ciu, Petasan, Dan Long Bumbung Disita Polsek Baki Sukoharjo

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Heldan Pramoda Wardhana mengatakan ada tiga pos pengamanan lalu lintas yang akan didirikan pada H-7 sampai H+7 Lebaran.

Keselamatan Berlalu Lintas

Pos yang salah satunya untuk pemeriksaan kendaraan itu ada di eks Terminal Kartasura, Simpang Pandawa Grogol, dan di Simpang Lima Sukoharjo.

Pospam ini akan menjadi lokasi koordinasi keselamatan berlalu lintas. Lokasi pospam Lebaran ini sama seperti Operasi Ketupat Candi menyambut Lebaran tahun sebelumnya.

Dalam operasi Ketupat Candi juga dilakukan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan. Petugas akan melakukan operasi guna memastikan pengguna kendaraan tetap menggunakan masker, tidak menimbulkan kerumunan, dan menerapkan jaga jarak.

Baca Juga: Setelah Banmati, Klaster Masjid Juga Dilaporkan Muncul Di Palur Sukoharjo

Petugas yang turun dalam pengamanan itu merupakan gabungan dari Polri, TNI, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), dan instansi terkait lainnya. Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan secara random pengendara kendaraan termasuk di Kartasura, Sukoharjo.

Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan seperti rapid test antigen secara acak. "Hasil pemeriksaan tim kesehatan menentukan yang bersangkutan dirujuk ke rumah sakit atau ke lokasi karantina yang sudah disediakan," katanya.

Kasatlantas mengatakan pemerintah telah menerbitkan aturan mengenai larangan mudik Lebaran tahun ini sebagai langkah mengantisipasi persebaran virus Corona. Namun kelongaran diberikan bagi mudik lokal wilayah Soloraya. Mobilitas kendaraan di wilayah Soloraya diperbolehkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya