SOLOPOS.COM - Edutorium UMS. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Event akbar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan berlangsung di beberapa lokasi Kota Solo dan Karanganyar pada 18-20 November 2022 mendatang.

Agenda itu diperkirakan dihadiri jutaan orang yang meliputi peserta dari perwakilan Muhammadiyah berbagai daerah dan penggembira dari seluruh Tanah Air. Menurut informasi yang diperoleh Solopos.com, muktamar akan dibuka Presiden Jokowi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara seremonial ini berlangsung di Stadion Manahan Solo pada 18 November. Mengingatnya banyaknya orang yang akan menghadiri acara tersebut, Jl Adi Sucipto kawasan Manahan nantinya akan ditutup selama acara berlangsung.

Setelah pembukaan, Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Asyisiyah yang berlokasi di Solo berlanjut dengan agenda penyampaian laporan dan program, risalah Islam berkemajuan, dan pemilihan 13 pimpinan pusat (PP) periode 2022-2017.

Agenda ini rencananya berlangsung di Edutorium UMS di Jl Adi Sucipto, Solo. Sementara itu, dikutip dari laman muktamar48.id, Muktamar Muhammadiyah 2022 di Solo juga diramaikan dengan agenda penunjang.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah di Solo Dibuka Presiden Jokowi, Banyak Menteri Mau Hadir

Agenda dimaksud yakni Muktamar Fair dengan lokasi di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar. Acara ini menjadi ajang unjuk karya warga Muhammadiyah dan Aisyiyah, mulai dari kerajinan, kuliner halal dan sehat, fashion, hingga mainan kreatif.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, panitia Muktamar Muhammadiyah terus mematangkan persiapan mulai pembukaan hingga acara inti. Terkait persiapan itu, rombongan panitia muktamar bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Loji Gandrung, Solo, Senin (12/9/2022).

Dalam kesempatan itu, panitia memaparkan persiapan acara pembukaan muktamar mulai dari penginapan, jadwal acara hingga area parkir kendaraan bermotor.

Baca Juga: Jutaan Orang Ikuti Muktamar Muhammadiyah, Pemkot Solo Bantu Alat Transportasi

Dibuka Presiden Jokowi

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sekaligus Ketua Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Sofyan Anif, mengatakan pertemuan dengan Wali Kota Solo fokus membahas persiapan acara pembukaan muktamar di Stadion Manahan.

“Acara muktamar direncanakan dibuka Bapak Presiden [Joko Widodo]. Kami sekaligus memantapkan persiapan dan hal-hal teknis lainnya dalam pembukaan muktamar,” katanya kepada wartawan, Senin.

Sekretaris Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Bambang Sukoco, menyatakan persiapan acara pembukaan pada 18 November 2022 dengan lokasi di Stadion Manahan Solo, mencapai 75 persen.

Baca Juga: Lepas 11.000 Peserta Jalan Sehat Muhammadiyah Solo, Gibran: Luar Biasa!

Panitia juga menggandeng para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Solo dan sekitarnya dalam bazar UMKM di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar.

Kegiatan itu juga bagian dari acara pendukung muktamar. Bambang menyampaikan masih mendata Gedung Amal Usaha Muhammadiyah  (AUM), masjid, dan rumah warga yang longgar disiapkan untuk menjadi lokasi transit penggembira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya