SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo (Solopos)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Stadion Manahan Kota Solo tidak akan merusak rumput dan lintasan atletik. Rencananya pembukaan (opening) dan penutupan (closing) APG pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 bakal menggunakan Stadion Manahan.

Hal itu diungkapkan Gibran dalam rapat koordinasi persiapan APG ke-11 Tahun 2022 di The Sunan Hotel, Solo, pada Senin (18/7/2022) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran menegaskan pentingnya komitmen dan kerja sama semua pihak dalam perhelatan APG, khususnya dalam pelaksanaan torch relay atau kirab obor yang akan digelar pada 23-24 Juli mendatang.

Baca Juga: Asyik, Nella Kharisma Jadi Pelantun Lagu Tema ASEAN Para Games 2022 

“Untuk kirab obor sudah ada komitmen dari vendor untuk melaksanakannya dengan baik mengingat waktu dan jadwal sangat padat,” kata Gibran.

Gibran juga meminta kepada panitia opening ceremony supaya tidak merusak kondisi lintasan dan rumput Stadion Manahan.  “Saya sudah petakan untuk tidak merusak lintasan karena akan dipakai untuk perlombaan lari, tidak merusak rumput dan merusak apa pun yang ada di dalam stadion,” kata Gibran.

Dari sisi prestasi, CdM Andi Herman menyatakan dengan persiapan matang yang telah dilakukan atlet selama ini diyakini Indonesia akan menjadi juara umum.

Baca Juga: Asyik! Artis Ibu Kota Meriahkan Pembukaan APG XI di Stadion Manahan

“Dengan persiapan yang matang dalam jangka waktu lama, semua atlet Indonesia kini siap bertanding. Dengan kalkulasi pencapaian dan melihat kekuatan lawan, maka kontingen Indonesia optimisme bisa meraih juara umum,” ucap Andi Herman.

Di sisi lain, Menpora Zainudin Amali menjelaskan dalam rakor kali ini lebih fokus mematangkan persiapan sejumlah agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini serta persiapan menuju upacara pembukaan dan konsep upacara penutupan.

“Rakor kali ini untuk mengecek kesiapan guna pelaksanaan torch relay serta persiapan menuju opening ceremony serta closing ceremony nanti,” jelas Zainudin Amali.

Baca Juga: Tinggal 2 Hari Lagi Pendaftaran Volunteer APG Solo, Cek Syaratnya

Menpora Zainudin Amali menegaskan pelaksanaan APG tahun ini harus sukses pelaksanaan, sukses prestasi dan sukses administrasi serta berdampak bagi ekonomi kerakyatan.

“Kami optimistis APG kali ini akan sukses penyelenggaraan, prestasinya bagus, administrasi tertata baik dan peningkatan ekonomi untuk daerah karena merupakan target kami,” kata Zainudin.

Pembukaan ASEAN Para Games akan dilakukan di Stadion Manahan Solo pada 30 Juli 2022. Rencananya Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin akan hadir langsung untuk membuka pesta olahraga disabilitas Asia Tenggara itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya