SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI--Pembuatan kartu pegawai elektronik (KPE) untuk pegawai negeri sipil (PNS) di Wonogiri telah mencapai 70%. Jumlah itu untuk tahap I dan II yang saat ini telah didistribusikan ke PNS yang bersangkutan. Sedangkan tahap III dan IV akan turun dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Rumanti Permanandiyah, saat dihubungi wartawan, Jumat (25/5/2012).

“Untuk tahap II sudah kami distribusikan sebulan yang lalu. Sedangkan tahap III, direncanakan bisa turun bulan depan. Sebab, KPE itu diterbitkan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara-red)  melalui provinsi,” imbuhnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ia menambahkan, jika semua PNS sudah menerima KPE, maka launching dilakukan secara serentak oleh Bank Jateng. Jumlah total pembuatan KPE untuk PNS di Wonogiri ada sekitar 13.000 kartu. Saat ini, bagi yang sudah menerima KPE, kartu itu bisa digunakan mengambil gaji dari tabungan. Tapi, untuk bertransaksi, pihak bank memberikan kartu pendamping.

Jika KPE sering digunakan, lanjut dia, dikhawatirkan bisa hilang dan sulit untuk mengurus kembali ke BKN karena prosesnya yang rumit. Jadi, untuk operasional, diharapkan menggunakan kartu pendamping. Ia juga menyatakan, penggunaan KPE saat ini belum menemui kesulitan karena telah ada sosialisasi sebelumnya ke SKPD untuk penggunaan kartu tersebut.

KPE memiliki fungsi yang beragam, salah satunya memudahkan PNS dalam mengambil gaji sesuai kebutuhan. Selain itu, kartu tersebut bisa digunakan berbelanja di supermarket. Tapi, Rumanti menyatakan sementara ini belum bisa digunakan berbelanja dan baru hanya bisa sebagai anjungan tunai mandiri (ATM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya