SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes urine (JIBI/Solopos/Antara)

Pemberantasan narkoba akan semakin digalakkan Kodim Solo.

Solopos.com, SOLO – Kodim 0735 Surakarta siap menggelar tes urine bagi anggotanya. Langkah ini dilaksanakan agar keluarga besar Kodim tidak ada yang terlibat dan terjerat narkoba.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Pastinya demikian [tes urine], karena itu hari ini kami menggelar penyuluhan tentang narkoba mengundang penyuluh dari Granat Solo, tujuannya agar keluarga besar Kodim 0735 Surakarta tidak ada yang terlibat dan terjerat narkoba. Pokoknya narkoba harus kita jauhi,” jelas Dandim Surakarta, Letkol (Inf) Ari Prasetya seusai penyuluhan di aula Kodim setempat, Sabtu (28/5/2016).

Diharapkan, lanjut Dandim, dengan penyuluhan ini anggota tahu jenis-jenis narkoba. Apalagi saat ini disampaikan tadi oleh penyuluh, saat ini narkoba ada di sekitar kita dalam berbagai bentuk, seperti dikemas dalam makanan dan jajanan anak.

Dandim juga menyatakan jika ada anggotanya yang diindikasikan sebagai pengguna, pihaknya agar segera melakukan rehabilitasi agar tidak berlanjut.

“Untuk itu dalam penyuluhan ini dihadirkan pula mantan pengguna, agar ada keinginan untuk sembuh jika ada yang menjadi pengguna. Jika tidak mau sembuh akan kita tindak tegas,” kata Dandim.

Ditambahkan Dandim, setelah di internal Kodim bersih, selanjutnya melalui Babinsa akan menyebarkan ke keluarga dan masyarakat. “Utamakan dulu internal, yakin bersih baru eksternal,” tegasnya.

Terpisah, Agus Widanarko, penyuluh dari Granat Solo yang juga pegiat antinarkoba dari BNK Sukoharjo, menyambut baik langkah yang dilakukan Komandan Kodim (Dandim) 0735 Surakarta, Letkol (Inf) Ari Prasetya.

“Dengan penyuluhan ini dan melibatkan anggota Babinsa Kodim Surakarta nantinya tidak hanya mengajak masyarakat, tolak ISIS, tolak radikalisme, namun juga tolak narkoba,” jelas Agus.

Pihaknya juga terus mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan gerakan antinarkoba. “Targetnya semakin bertambah jumlah penyuluh agar masyarakat semakin tahu bahaya narkoba,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya