SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat gelaran BRI Microfinance Outlook 2022, Kamis (10/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menetapkan pembayaran gaji ke-13 bagi para ASN akan berlangsung pada Juli 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pemerintah sudah meresmikan Peraturan Pemerintah (PP) 16/2022, yang mengatur mekanisme pencairan THR dan gaji ke-13.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu poin aturan itu mengenai waktu pencairan THR 2022. “Pencairan THR direncanakan dimulai pada periode H-10 Idulfitri,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers mengenai THR dan gaji ke-13, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga: Horee, THR dan Gaji Ke-13 bagi Abdi Negara Segera Cair

Seluruh kementerian dan lembaga dapat mengajukan surat perintah pembayaran kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mulai Senin (18/4/2022).

Setelah proses administratif berjalan, KPPN dapat mentransfer THR mulai H-10 lebaran, sesuai mekanisme yang berlaku.

Sri Mulyani menyebut kerap terjadi masalah teknis dalam pembayaran THR, bahkan hingga melewati Idulfitri. Menurutnya, pemerintah boleh membayarkan THR setelah Lebaran jika terdapat kendala yang berarti tetapi tetap harus mengusahakannya sebelum hari raya.

“Saya berharap semuanya mulai bisa dilakukan pada H-10, sehingga ASN pusat, daerah, TNI, Polri, pensiunan bisa menerima THR sebelum hari raya,” katanya.

Baca Juga: Lebaran Kali Ini ASN Dapat THR, Gaji ke-13 dan Tunjangan Kinerja

Sri Mulyani menyebut pemerintah turut memberikan gaji ke-13 bagi ASN dan pensiunan, berkaitan dengan kebutuhan menjelang tahun ajaran baru.

Pencairannya dijadwalkan pada Juli 2022.

“Gaji ke-13, ini tujuannya untuk membantu seluruh aparatur terutama pada saat menjelang tahun ajaran baru, pada Juli, yang biasanya identik dengan kebutuhan belanja bagi anak-anak ASN, TNI, Polri. Bantuan gaji ke-13 ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan belanja berbagai keperluan,” ujar Sri Mulyani.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “THR PNS 2022 Cair H-10 Lebaran, Gaji Ke-13 Cair Juli”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya