[ X ] CLOSE

PEMBANGUNAN UNDERPASS MAKAMHAJI: Solo Tambah Macet

PEMBANGUNAN UNDERPASS MAKAMHAJI: Solo Tambah Macet
SOLOPOS.COM - Suasana di perlintasan kereta api Makamhaji, Sukoharjo. (Foto: Dian Dewi Purnamasari/JIBI/SOLOPOS)

Suasana di perlintasan kereta api Makamhaji, Sukoharjo. (Foto: Dian Dewi Purnamasari/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Kota Solo tambah macet menyusul pembangunan underpass di perlintasan kereta api Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Penutupan dan pengalihan jalan karena pembangunan underpass itu berdampak terhadap arus lalu lintas di Solo, Selasa (28/8/2012). Beberapa ruas jalan yang terhubung dengan wilayah di sekitar perlintasan KA Makamhaji macet.

 

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa pukul 10.00 WIB-11.00 WIB, lalu lintas di sejumlah titik dari dan menuju Kartasura tampak padat merayap. Lalu lintas di Jl Dr Rajiman dari arah Pasar Jongke, Laweyan yang mengarah ke Makamhaji terlihat padat. Pusat kemacetan terjadi di Pertigaan Tugu Lilin.

 

Di Pertigaan Tugu Lilin, lalu lintas dari arah Solo menuju Kartasura dialihkan ke Jl Joko Tingkir, Gentan, Baki Sukoharjo. Antrean panjang kendaraan sepanjang 200 meter tampak mengular di Jl Dr Rajiman. Namun selepas kendaraan masuk Jl Joko Tingkir, lalu lintas kembali lancar karena jalan relatif lebih besar.

 

Lalu lintas sebaliknya dari arah Jl Joko Tingkir, Gentan, yang menuju ke Makamhaji, dialihkan melalui Jl Transito. Antrean panjang kendaraan dari arah selatan sepanjang 200 meter juga terjadi di Jl Joko Tingkir menuju seputar Tugu Lilin ke Jl Transito. Karena kondisi jalan yang lebih sempit, kendaraan harus berjalan pelan menuju ke arah Jl Transito.

 

Sejumlah petugas dari Dishubkominfo, kepolisian dan Linmas setempat telah disiagakan untuk pengalihan jalan di titik ini. Kemacetan di Pertigaan Tugu Lilin terjadi karena pertigaan itu merupakan titik pertemuan kendaraan dari arah Jongke, Gentan (Sukoharjo) dan dari Purwosari. Selain itu, tingginya volume kendaraan juga menyebabkan kemacetan.

 

Salah seorang petugas Dishubkominfo yang bertugas di Pertigaan Tugu Lilin, Mas Wahyu, mengaku kewalahan menangani kemacetan lalu lintas hari pertama pengalihan jalan. ”Ini macetnya sudah luar biasa, melebihi Lebaran,” ungkapnya.

 

Menurut Wahyu, prediksi puncak kemacetan lalu lintas di Tugu Lilin akan terjadi pada jam pulang kantor. ”Kalau jam segini [10.30 WIB] saja macetnya sudah seperti ini. Nanti kalau jam pulang kantor, antrean kendaraan dari arah Jl Dr Rajiman yang mengarah ke Jl Joko Tingkir bisa macet sampai ke perempatan RCTI,” terangnya.

 

Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo, Sri Baskoro, menyampaikan sejumlah jalan di Kota Solo yang akan mengalami peningkatan arus lalu lintas akibat penutupan tersebut di antaranya Jl Slamet Riyadi, Kleco; Jl KH Agus Salim, Sondakan serta Jl Dr Rajiman, Jongke.

Dijelaskannya, peningkatan volume kendaraan yang melintas di Kota Solo akibat penutupan akses jalan menuju proyek underpass merupakan efek samping perbaikan akses jalan di wilayah tersebut. Jika tidak ada penutupan seluruh akses jalan, proyek underpass dikhawatirkan tidak kunjung selesai.


 

Kata Kunci : Underpass


Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago